Konawe

Perlindungan dan Kesejahteraan TKBM Harus Diperhatikan

KENDARINEWS.COM — Eksistensi Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Konawe mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). TKBM harus berkontribusi nyata dalam mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Konawe, Jahiuddin, mengingatkan, sumber daya manusia (SDM) dan TKBM binaan merupakan aset utama koperasi. Sebab itu, SDM yang dimiliki harus dijaga dengan sebaik-baiknya sehingga dapat tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan produktivitas kinerja Koperasi. Muaranya, yakni meningkatkan pendapatan dan penghidupan layak bagi anggota Koperasi dan TKBM binaan.

“Kemudian kegiatan usaha jasa bongkar muat barang dari dan ke kapal di pelabuhan memiliki faktor risiko kerja tinggi, maka dari itu aspek keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan merupakan hal yang sangat penting untuk menjadi prioritas utama,” ujar Jahiuddin, saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Kapoiala Morosi Bondoala (KMB) Nunulai tahun 2020.

Jahiuddin mengatakan, salah satu kebijakan strategis manajemen Koperasi Jasa TKBM KMB Nunulai yang perlu dicanangkan adalah program perlindungan dan kesejahteraan TKBM. Salah satu caranya dengan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Tujuannya untuk memenuhi standar keselamatan dan kesehatan kerja serta tercapainya kecelakaan nihil pada setiap operasional unit kerja.

“Saya berkeyakinan, integrasi program K3 akan dapat berjalan lebih baik antara koperasi, tenaga kerja dan mitra kerja, untuk mencapai target kinerja koperasi dalam menghindari kecelakaan kerja,” ungkapnya.

Lanjut Jahiuddin, dalam kesempatan itu, dirinya mengajak seluruh anggota koperasi, dan kepada seluruh stakeholder terkait, menjaga persatuan dan kekeluargaan berdasarkan nilai kearifan lokal. Tentunya yang sesuai dengan nilai dan prinsip perkoperasian di Indonesia dalam mengelola sumber daya ekonomi di wilayah perairan.

“Khususnya di perairan Molawe dan sekitarnya, perairan Morosi dan sekitarnya, serta di pelabuhan Jetty Morosi dan sekitarnya. Secara profesional untuk kesejahteraan anggota koperasi dan TKBM Binaan maupun anggota masyarakat lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TKBM KMB Nunulai, Mansur, mengungkapkan, aset yang dimiliki yakni SDM sebagai mesin penggerak roda koperasi untuk mencapai tujuan. Sehingga, hal itu akan dijaga sebaik-baiknya agar dapat tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan produktivitas koperasi. “Pengurus memahami dengan sungguh-sungguh SDM berkedudukan sebagai mesin penggerak utama untuk mencapai tujuan. Untuk itu kami memiliki beberapa program utama yakni penguatan kelembagaan koperasi, program pengembangan usaha koperasi serta program perlindungan TKBM dan CSR koperasi,” ungkapnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top