Periode 2020, 4.778 ASN Naik Pangkat

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Naik pangkat atau golongan menjadi impian setiap Aparatur Sipil Negara (ASN). Sepanjang tahun 2020, sebanyak 4.478 abdi negara yang diproses Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra naik golongan. Proses kenaikan pangkat tahun 2020 dilakukan sebanyak dua kali yakni periode April dan Oktober.

Zanuriah

Kepala BKD Sultra, Zanuriah mengatakan usulan kenaikan pangkat tahun ini cukup banyak. Pada periode April, sebanyak 1.457 ASN naik pangkat. Mereka terdiri dari golongan II, III dan IV. Sementara pada periode Oktober sebanyak 1.199 ASN. Pada tahap II hanya golongan III sampai dengan IV.

Untuk ASN Pemkab dan Pemkot di Sultra, pihaknya melayani golongan IV saja. Yang mana, periode April 574 ASN dan Oktober 748 ASN. “Kalau total yang mengurus kenaikan pangkat sebanyak 4.778 orang,” kata Zunuriah saat di wawancara Kendari Pos di ruang kerjanya, Senin (21/12).

Kenaikan pangkat sambungnya, harus merujuk kinerjanya. “Jadi harus lebih tingkatkan lagi. Sebab bekerja sudah menjadi tugas dan fungsi ASN. Makanya, tetaplah bekerja sebaik mungkin,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Sultra Kadir mengukapkan, syarat seseorang naik pangkat sendiri dilaksanakan atas penghargaan terhadap kinerjanya saat mengabdi. “Yakni penghargaan atas jasa-jasanya. Di mana indikatornya harus ada penilaian kinerja,” ucapnya.

ASN yang naik pangkat lanjutnya, harus berkinerja baik selama minimal dua tahun. Namun bagi yang berkinerja buruk, sulit naik pangkat meskipun telah mengabdi lima tahun. Sebab untuk promosi naik golongan, indikator penilaiannya harus terpenuhi. “Jadi, yang boleh mengusulkan naik pangkat mereka yang memiliki kinerja baik minimal dua tahun. Itu bagian dari penghargaan atas pengabdiannya. Jadi memang syarat yang naik pangkat tergantung kinerja,” pungkasnya. (b/rah)

Kenaikan Pangkat ASN

  1. Lingkup Pemprov Sultra
    -Periode April 1.457 ASN
    -Golongan II, III dan IV
    -Periode Oktober 1.199 ASN-Golongan III dan IV
  2. Pemkab/Pemkot di Sultra
    -Periode April 574 ASN
    -Periode Oktober 748 ASN
    -Khusus Golongan IV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *