Peringati Hari Pahlawan 2020, Pemprov Agendakan Dua Kegiatan Upacara

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Namun peringatan hari pahlawan di tengah pandemi tentu akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bukan lagi upacara yang menghadirkan beberapa kalangan dan mengumpulkan massa, tahun ini lebih sederhana. Pemprov Sultra hanya mengagendakan upacara di TMP Watubangga dan upacara penaburan bunga di Dermaga Angkatan Laut Kendari.

Asisten I Setda Sultra, Basiran mengatakan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat wabah Covid-19 yang melanda. Tahun ini, peringatan hari pahlawan yang mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” hanya diisi dengan dua kegiatan saja. “Pertama, upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kota Kendari. Kedua, Upacara Tabur Bunga di Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari,” katanya usai rapat persiapan Hari pahlawan di Ruang Pola Kantor Gubernur Sultra, Kamis (5/11).

Pelaksanaan kegiatan ini kata dia, akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat. “Jadi. kita di Pemprov Sultra sudah bentuk panitia, untuk pelaksanaan sesuai protokol. Di TMP, gubernur dijadwalkan jadi inspektur upacara dan Kapolda jadi cadangan. Sementara upacara penaburan bunga di dermaga Angkatan Laut inspekturnya Wagub Sultra dan cadangan Danlanal,” jelasnya.

Peserta dan para undangan yang hadir kata dia, juga dibatasi. Untuk undangan hanya 50 orang. “Rencananya, kami akan melakukan gladi sehari sebelum hari H atau tanggal 9 November. Memperingati hari pahlawan, eluruh lembaga pemerintahan maupun swasta (perusahaan) diminta untuk memasang baliho. Desain baliho akan disiapkan Dinas Sosial (Dinsos) Sultra agar seragam. “Desainnya akan menampilkan foto pahlawan nasional asal Sultra, Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi atau Oputa Yii Koo (Sultan Buton XX dan XXIII),”pungkasnya. (c/rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *