Nasional

Perempuan Tangguh Itu Adalah Andi Merya

Gubernur Melantik Bupati Koltim Andi Merya

Tetap Teguh Menunaikan Janji Politik SBM

KENDARI, KENDARINEWS.COM—Perempuan tangguh itu adalah Andi Merya. Dia politisi muda yang kini dipundaknya diserahi amanah melaksanakan tugas Bupati Kolaka Timur (Koltim). Dia dilantik sebagai Bupati Koltim oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, Senin (14/06/2021). Ketangguhan Andi Merya dipangung politik Sultra mengantarnya menjadi bupati perempuan pertama di Koltim dan Sultra. Andi Merya meneguhkan diri sebagai politisi perempuan yang mampu meruntuhkan pandangan bahwa kaum perempuan sulit bahkan mustahil menjadi seorang kepala daerah.

Dua kali menjabat Wakil Bupati Koltim, yakni periode 2016-2021 dan periode 2021-2026. Namun hanya 21 hari menjabat Wakil Bupati kali kedua, Andi Merya ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Koltim setelah kursi bupati ditinggal mangkat Samsul Bahri, 19 Maret 2021. Tak lama mengemban tugas sebagai Plt. Bupati Koltim, Andi Merya dilantik sebagai Bupati Koltim definitif, tepatnya, Senin  (14/06/2021).

Gubernur Sultra Ali Mazi (dua dari kanan) mengambil sumpah jabatan Bupati Koltim, Andi Merya (dua dari kiri) dalam seremoni pelantikan di Rujab Gubernur Sultra, Senin (14/06/2021).
DISKOMINFO SULTRA FOR KENDARINEWS.COM

Menunaikan janji politik saat Pilkada 2020 tetap menjadi prioritas utama Bupati Koltim, Andi Merya saat berkampanye bersama mendiang Samsul Bahri, mantan Bupati Koltim. Janji itu tertuang dalam visi misi Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) Kabupaten Koltim yang Agamis, Mandiri dan Berkeadilan (Aman).

“Visi misi baik Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) atau Samsul Bersama Merya (SBM) akan tetap kami tunaikan di masyarakat. Prioritas kami pada pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan dan beberapa sektor lainnya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Koltim, ” ujar Bupati Andi Merya usai dilantik Gubernur Sultra, Ali Mazi di Rujab Gubernur, Senin (14/06/2021).

Menurut Bupati Andi Merya, pembangunan daerah tak melulu soal infrastruktur fisik, namun juga termasuk suprastruktur. Pembangunan kualitas SDM melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan aspek pendidikan bagian dari pembangunan suprastruktur. Pemkab Koltim juga tak mengabaikan sektor lainnya seperti pemerintahan, pendidikan, infrastruktur jalan kabupaten di 12 kecamatan, peningkatan kapasitas tokoh adat dan lembaga adat, pengembangan disiplin aparatur pemerintah dan memberikan dana stimulus bagi pembangunan infrastruktur desa.

Kursi Wakil Bupati Koltim praktis kosong setelah ditinggal Andi Merya yang naik “kelas” menjadi bupati. Menyangkut siapa kelak menjadi pendampingnya memimpin Koltim, Bupati Andi Merya menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD Koltim untuk mengusulkan. Nanti setelah ada hasil usulan nama dari DPRD, kami akan proses dan ajukan ke gubernur. Selanjutnya dikembalikan ke DPRD Koltim untuk pemilihan,” jelas Bupati Andi Merya.

Menyangkut aspirasi publik di Koltim yang menginginkan nama Diana Massi, SP istri mendiang mantan Bupati Koltim, Samsul Bahri, Andi Merya menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan partai pengusung duet SBM. “In Sya Allah, bila partai membuat usulan untuk mengajukan nama beliau (Diana Massi,red), tentu kami terima usulan partai dan akan melanjutkan prosedurnya sesuai aturan yang ada,” tegas Bupati Koltim, Andi Merya.

Bupati Koltim Andi Merya (tiga dari kiri) usai dilantik Gubernur Sultra Ali Mazi (dua dari kiri). Pelantikan Bupati Koltim Andi Merya turut dihadiri Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas (dua dari kanan) dan Sekda Provinsi Sultra Nur Endang Abbas (kiri) di Rujab Gubernur Sultra, Senin (14/06/2021).
DISKOMINFO SULTRA FOR KENDARINEWS.COM

Gubernur Sultra, Ali Mazi memaknai pelantikan Andi Merya sebagai Bupati Koltim sangat membanggakan sekaligus menjadi sejarah baru di Sultra. “Ini suatu kebanggan bagi kita semua, bahwa Andi Merya sebagai bupati perempuan pertama di Sultra. Atas nama masyarakat dan Pemprov Sultra mengucapkan selamat atas pelantikan Andi Merya sebagai Bupati Koltim. Saya yakin masyarakat Sultra khususnya di Koltim bangga dan bahagia menyambut kehadiran Andi Merya sebagai pimpinan baru dengan mandat yang baru,” kata Gubernur Ali Mazi dalam pelantikan Bupati Koltim.

Dengan mandat baru yang diemban Bupati Koltim Andi Merya saat ini, sudah semestinya dapat mewujudkan janji-janji kampanye saat Pilkada, yakni mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Koltim. Karenanya Bupati Andi Merya harus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk memastikan setiap masyarakat diseluruh pelosok Koltim bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintah dalam kehidupan sehari hari.

“Perlu adanya langkah konkrit dan terobosan yang berguna dalam pembangunan seluruh wilayah Koltim. Bangun kerja sama yang efektif dengan semua pihak dalam menjalankan beragam program,” pesan Gubernur Ali Mazi kepada Bupati Andi Merya.

Gubernur Sultra Ali Mazi menyadari peran wakil bupati dalam pelaksanaan tugas-tugas Bupati Koltim mutlak adanya. Untuk itu, Gubernur Ali Mazi segera memroses pemilihan Wakil Bupati Koltim sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Sehingga (wakil bupati) bisa dapat membantu Bupati Andi Merya dalam mewujudkan visi dan misi yang telah dijanjikan kepada masyarakat Koltim,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Sultra dua periode itu memberi sinyal bahwa calon Wakil Bupati Koltim mesti dapat bekerja sama dengan bupati dalam pemerintahan dan pembangunan daerah. Agar seluruh program yang dijalankan bersama dapat seiring sejalan, dan saling melengkapi satu sama lain.”Sinergi antar bupati dan wakil bupati dilakukan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Koltim. Karenanya wakil yang dipilih harus mampu bekerja sama dengan pimpinannya,” jelasnya. (rah/c)

SEJARAH BARU

Bupati Perempuan Pertama

-Andi Merya menjadi bupati perempuan pertama di Koltim dan Sultra

-Sejarah baru di kancah perpolitikan dan pemerintahan di Sultra

-Andi Merya teladan bagi perempuan lainnya untuk tampil di Pilkada

-Andi Merya meruntuhkan hegemoni laki-laki di pentas politik dan kepala daerah

Dilantik Gubernur

-Senin (14/06/2021), Plt.Wabup Koltim, Andi Merya dilantik menjadi Bupati Koltim

-Gubernur Sultra Ali Mazi melantik Bupati Koltim Andi Merya

-Dasar Hukumnya :

*SK Mendagri Nomor 131.74-1220 tahun 2021

*Isinya tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Mendagri Nomor 131.74-74-265 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada Serentak

Tahun 2020 di Kabupaten Pada Prov. Sultra tertanggal 2 Juni 2021

*Surat Dirjen Otda Kemendagri kepada Gubernur Sultra Nomor 131.74/3651/OTDA perihal Penyampaian Keputusan Mendagri tertanggal 4 Juni 2021.

-Bupati Koltim Andi Merya melanjutkan sisa masa jabatan 2021-2026

Tantangan

-Andi Merya harus menunjukkan kemampuan dan kapabilitas

-Mengakomodir hak-hak kaum perempuan

-Menghadirkan sistem pemerintahan berintegritas dalam perspektif gender

-Harus merealisasikan visi dan misi yang dicanangkan bersama mendiang Samsul Bahri

Menunaikan Janji

-Saat kampanye Pilkada 2020, ada janji politik duet SBM-Andi Merya

-Janji itu akan ditunaikan Bupati Andi Merya setelah ditinggal mangkat mendiang SBM

-Janji tertuang dalam visi misi SBM Aman-SBM Aman adalah Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) Kabupaten Koltim yang Agamis, Mandiri dan Berkeadilan (Aman)

-Prioritas SBM Aman, pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan

Duet Andi Merya-Diana Massi

-Kursi Wakil Bupati Koltim kosong ditinggal Bupati Andi Merya

-Publik Koltim ingin Diana Massi, SP menjadi Wakil Bupati Koltim

-Diana Massi adalah istri mendiang mantan Bupati Koltim, Samsul Bahri

-Andi Merya menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan partai pengusung duet SBM

-Bila disetujui partai, Andi Merya akan proses nama Diana Massi

-Gubernur Sultra pun akan memroses pemilihan Wakil Bupati Koltim

-Tentunya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku

DATA DIOLAH KENDARINEWS.COM DARI BERBAGAI SUMBER 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top