Hukum & Kriminal

Perekrutan Anggota Linmas Dibuka

KENDARINEWS.COM — Pemkot Kendari berupaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warganya. Oleh karena itu, Pemkot melalui Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bakal menghadirkan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) di setiap kelurahan. Dengan begitu, diharapkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) bisa terwujud.

Kabid Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol-PP Kendari, Amir Yusuf mengungkapkan tahun ini bakal merekrut sekira 130 anggota linmas yang berasal dari setiap kelurahan di Kendari. “Jadi satu kelurahan wajib menyetorkan dua nama kepada kami. Adapun jumlah kelurahan di Kendari sebanyak 65 jadi total linmas yang bakal direkrut berjumlah 130 orang,” ungkapnya.

Lanjut dia, pembentukan satuan linmas sudah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 84 tahun 2014 yang telah diubah menjadi Permendagri Nomor 26 tahun 2020.

“Kami harap, mereka yang diajukan Kelurahan maupun Kecamatan memenuhi syarat anggota linmas sesuai permendagri Nomor 26 tahun 2020, yakni mereka sehat jasmani dan rohani, umur minimal 18 tahun maksimal 45 tahun dan memiliki loyalitas yang dituangkan dalam surat pernyataan,” ungkapnya.

Pihaknya memberikan deadline penyetoran (pengusulan) nama calon anggota linmas hingga 9 Februari mendatang. Oleh karena itu, pemeritah kelurahan maupun kecamatan diminta proaktif agar program limnas bisa segera berjalan, “Jika sudah terbentuk, mereka akan diberikan pendidikan dan latihan (diklat), dilengkapi sarana prasarana dan atributnya, kemudian dikukuhkan. Sedangkan penggajiannya, sesuai Permendagri, dibebankan pada Badan Sat Pol PP Kota Kendari,” kata Amir Yusuf.

Mantan Lurah Bende ini berharap, hadirnya anggota linmas bisa menciptakan kamtibmas serta dapat membantu lurah dalam penanggulangan bencana, kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan urgen lainnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top