Muna

Perbaikan Jalan Wandiri dan Poros Pohorua di Muna Timur Habiskan Rp 4 Miliar

KENDARINEWS.COM — Pembangunan infrastruktur jalan dari pemerintah pusat tahun ini dialokasikan ke kawasan transmigrasi Muna Timur. Program itu meliputi peningkatan jalan poros Wandiri dan jalan poros Pohorua. Alokasi anggarannya senilai Rp 4 miliar. Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Muna, Fajaruddin Wunanto menerangkan jalan poros Wandiri akan dibenahi menggunakan anggaran dana alokasi khusus (DAK) afirmasi senilai Rp 1,5 miliar. Sedangkan poros Pohorua mendapat anggaran Rp 2,5 miliar melalui alokasi tugas pembantuan (TP). “Pengerjaanya dilaksanakan tahun ini,” jelasnya.

Dua poros tersebut kata dia, sangat penting bagi integrasi kawasan unit pemukiman transmigrasi di wilayah Muna Timur Raya atau Mutiara. Poros Wandiri terletak di Kecamatan Wakorumba Selatan dan menjadi akses utama bagi masyarakat transmigrasi di UPT Labunia.
Demikian juga poros Pohorua di Kecamatan Maligano yang menjadi akses penting bagi warga trans UPT Pohorua. “Jalan itu sudah kami perjuangkan agar ditingkatkan. Kami bersyukur karena tahun ini dapat segera teratasi,” paparnya.

Ia menerangkan, wilayah Mutiara merupakan kawasan transmigrasi percontohan nasional yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024. Kawasan itu sedikitnya memiliki lima unit pemukiman transmigrasi yang akan dikembangkan dengan konsep transteknopark. “Artinya, Mutiara ini akan terus diprioritaskan oleh pusat setidaknya sampai lima tahun kedepan,” imbuhnya. (b/ode)

Proyek Jalan Trans

  1. Jalan Poros Wandiri
    -Sumber DAK Afirmasi
    -Besaran Anggaran Rp 1,5 Miliar
  2. Jalan Poros Pohorua
    -Sumber Tugas Perbantuan
    -Besaran Anggaran Rp 2,5 Miliar
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top