Buton

Peran Masyarakat Penting Hadapi Bencana


KENDARINEWS.COM — Instansi terkait dalam pencegahan dan penanggulangan bencana lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dan Buton Selatan (Busel) berfusi di pelataran Mapolres Buton, Jumat (13/11). Mereka menggelar Apel Konsolidasi Operasi Aman Nusa II 2020 dalam rangka Kesiapan Penanganan Bencana Alam di wilayah hukum Polres Buton. Bupati Buton, La Bakry, memimpin langsung seremoni itu. Di tribun utama duduk Kapolres Buton, AKBP Gunarko bersama jajaran Forkopimda lainnya.

La Bakry membacakan sambutan resmi Gubernur Sultra, Ali Mazi. Kata dia, bencana merupakan kejadian yang bersifat kontigensi, tidak bisa ditebak dan kerap menimbulkan kerugian bagi manusia. Olehnya itu, semua pihak harus siap, kapan pun dan dimana pun untuk penanganannya. “Dalam kondisi ini, negara harus hadir dalam pencegahan dan penanganan bencana. Negara itu adalah Pemerintah Pusat dan Daerah yang dilengkapi dengan personel keamanannya,” kata Buton-1 tersebut.

Kerugian sebagai dampak dari bencana, lanjut dia, bisa berupa materil, non materil bahkan nyawa. “Bencana ini, merusak infrastruktur, ekosistem bahkan kadang nyawa melayang,” sambungnya. Atas potensi kerugian itu, maka keterlibatan masyarakat juga penting. Mempersiapkan mereka untuk bertindak siaga, cepat dan tepat menghadapi bencana adalah langkah paling bijak terhadap masalah itu. Di Buton kata bupati, memiliki karakter khusus dan rawan bencana. “Banjir dan tanah longsor sangat rentan di sini. Masyarakat sudah harus paham,” tambahnya.

Masih kata Ketua DPD II Golkar Buton itu, langkah nyata yang diyakini efektif bisa meningkatkan kesiapsiagaan bencana itu diantaranya lakukan sosialisasi dan imbauan secara intens kepada masyarakat. Meningkatkan kemampuan teknis dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa bencana disaat keadaan darurat, berkoordinasi dengan BMKG serta instansi terkait setempat untuk mendirikan Posko monitoring cuaca dan Posko penanganan bencana alam yang ada di wilayah. “Terakhir, laksanakan tugas kemanusiaan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab, serta tetap jaga diri,” tutupnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top