Konawe Selatan

Penyuluh dan Petani Ikuti Sekolah Lapang Iklim

KENDARINEWS.COM — Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Stasiun Klimatologi Konawe Selatan (Konsel) mengelar sekolah lapang iklim (SLI) di Kecamatan Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kamis (17/9). Kegiatan tersebut dibuka Kepala Pusat Informasi Iklim Terapan BMKG, Nasrullah secara virtual. Ia mengapresiasi BMKG Stasiun Klimatologi Konsel telah menyelenggarakan kegiatan sekolah lapang iklim operasional pada tiga kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Nasrullah berharap, sekolah iklim yang difokuskan kepada petani untuk mendukung sektor pertanian. Dalam aplikasi di lapangan dapat mengacu pada informasi iklim dikeluarkan BMKG Sultra. Sebab, informasi yang dikeluarkan melalui kajian berdasar sesuai iklim tropis indonesia. “Kegiatan ini memberikan wawasan pada petani tentang informasi iklim dan cuaca melalui BMKG. Sumber daya manusia petani bisa lebih maju,” kata Nasrullah, kemarin.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Konawe Selatan BMKG Sultra, Aris Yunatas, mengatakan, sekolah iklim merupakan kegiatan yang dikhususkan bagi penyuluh dan petani pada tiga daerah di Sultra, yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur. “Kami harap penyuluh dan petani di Kabupaten Kolaka Timur dapat memanfaatkan informasi BMKG Stasiun Klimatologi Konsel dalam rangka pengelolaan lahan pertanian. Harapannya, produksi pertanian dapat terkelola dengan baik. Dalam pelaksanaan sekolah lapang dilengkapi modul serta materi tentang iklim,” ungkap Aris.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, Lasky Paemba mengatakan, sekolah lapang iklim diikuti penyuluh dari Kecamatan Mowewe, Tinondo dan Lalolae. “Mudah-mudahan petani dan penyuluh kita dapat meningkatkan pengetahuan tentang iklim dalam meningkatkan usaha pertanian,” kata Lasky. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top