Konawe

Penyaluran BLT-DD di Konawe Diperpanjang Hingga Desember


KENDARINEWS.COM — Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) diperpanjang hingga dua bulan, terhitung November-Desember 2020. Kebijakan itu terbit setelah Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes-PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar mengeluarkan peraturan nomor 14 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Permendes-PDTT nomor 11 tahun 2019 terkait prioritas penggunaan DD 2020. Peraturan pusat yang dikeluarkan tanggal 5 Oktober 2020 itu, mewajibkan setiap Pemerintah Desa (Pemdes) mengalokasikan dana untuk penyaluran BLT-DD hingga Desember 2020.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konawe, Keni Yuga Permana, juga membenarkan adanya kebijakan tersebut. Ia mengatakan, pihaknya saat ini sudah menindaklanjuti surat yang dikeluarkan Mendes-PDTT RI tersebut. “Kami sudah sampaikan ke Pemdes terkait peraturan (Menteri Desa) itu. Memang benar penyaluran BLT diperpanjang dua bulan sampai Desember,” ujar mantan Camat Wonggeduku Barat itu, kemarin.

Keni Yuga Permana menyebut, nominal dana dan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT-DD di Konawe masih sama dengan yang dicairkan pada tahap empat hingga enam yang lalu. Untuk penyaluran November-Desember 2020 ini, sambungnya, setiap KPM bakal kembali menerima BLT sebesar Rp 300 ribu per bulan. Penerima BLT-DD di Konawe sebanyak 16.906 KPM. Jumlah penerima tersebut, menurutnya, kemungkinan juga bisa bertambah maupun berkurang berdasarkan kesepakatan yang dihasilkan dalam musyawarah desa. Jumlah desa se-Konawe yang bakal melakukan perpanjangan penyaluran BLT-DD sebanyak 239 desa, minus 52 wilayah yang blokir DD-nya belum dicabut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

“Dalam aturan itu disebutkan, penggunaan DD hanya untuk BLT, desa tanggap Covid-19 dan padat karya tunai desa (PKTD). Penyaluran BLT merupakan prioritas utama. Adapun jika terdapat sisa, digunakan untuk PKTD sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN),” ungkap jebolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri tersebut. (b/adi)

Penyaluran BLT DD November-Desember 2020 di Konawe :

  • Tiap KPM menerima : Rp 300 ribu per bulan
  • Penerima BLT-DD : 16.906 KPM.
  • Jumlah penerima bisa bertambah dan berkurang sesuai Musdes.
  • Jumlah desa yang akan melakukan perpanjangan penyaluran BLT-DD : 239 desa
  • DD 52 desa masih diblokir Kementerian Keuangan

*Penggunaan DD sesuai Mendes-PDTT :

  • Hanya untuk BLT sebagai prioritas utama
  • Desa tanggap Covid-19
  • Padat karya tunai desa (PKTD).
  • Jika terdapat sisa, digunakan untuk PKTD sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top