Edukasi

Pengumuman Kelulusan SMP Secara Online 14 Juni, Siswa Dilarang Konvoi

KENDARINEWS.COM– Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari, secara resmi menetapkan jadwal pengumu­man kelulusan tingkat SMP se Kota Kendari, yakni pada tanggal 4 Juni men­datang. Tepatnya, sebanyak 5.121 siswa yang akan diumumkan kelulusannya secara online.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin, M.Pd., mengatakan pengumuman ke­lulusan siswa, akan dilakukan secara online. Karena di tengah kondisi yang masih pandemi Cobid 19 saat ini, dima­na mengumpulkan banyak orang akan sangat berisiko terjadinya penularan virus Corona.

“Semuanya telah sepakat bahwa pen­gumuman kelulusan tahun ini masih akan tetap dilakukan secara online sama dengan tahun sebelumnya. Kebijakan ini sesuai dengan anjuran dari pemer­intah kota, yang belum membolehkan perhelatan besar dilaksanakan,” ung­kap Muchdar Alimin, Senin (24/5).

“Kita telah menyediakan Website, atau sekolah bisa mengungkapkan mel­alui WA grup yang telah dibuat setiap perwalian ke siswanya. Hal ini akan lebih efektif, untuk menghindari ban­yaknya kerumunan siswa. Kita tegaskan kepada seluruh sekolah, agar melarang keras siswanya untuk melakukan kum­pul-kumpul saat pengumuman kelulu­san,” tambahnya.

Terkait penentuan kelulusan, kata dia, itu berpedoman pada surat edaran Menteri Pendidikan No 1, tentang peni­adaan ujian nasional dan pelaksanaan ujian sekolah. Surat tersebut menyata­kan bahwa sekolah-sekolah jadi penen­tuan kelulusan, dengan mempertim­bangkan beberapa hal.

“Yaitu berdasarkan nilai rapor dari semester 1 sampai akhir, nilia Ujian Sekolah (US) harus memenuhi nilai standar yang telah ditetapkan. Minimal mempunyai nilai karakter baik, serta harus melaksanakan seluruh proses yang ada di satuan pendidikan, dimana hal tersebut sudah diatur di dalam Per­mendikbud,” jelasnya.

Ia pun berharap, seluruh peserta siswa bisa lulus dengan nilai yang me­muaskan. Hasil yang diperoleh siswa akan sangat menentukan pilihan mere­ka dalam mencapai cita-cita.

“Harapan kami semuanya bisa lulus 100 persen, dengan mendapatkan nilai tertinggi, sehingga mereka bisa mel­anjutkan pendidikan sesuai dengan sekolah yang diinginkan. Dan kem­bali kita ingatkan, bahwa pelaksanaan pengumuman akan dilakukan secara online, tidak ada namanya konvoi ke­lulusan. Jika didapatkan siswa yang melakukan hal tersebut, pastinya akan diberikan sanksi,” tukas Muchdar. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top