HEADLINE NEWS

Pengerjaan Tiga Proyek Monumental AMAN Terkendala Cuaca


KENDARINEWS.COM — Pandemi covid-19 tak jadi hambatan bagi Pemprov Sultra merealisasikan rencana kerjanya. Sejauh ini, program prioritas pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) terutama di bidang infrastruktur masih on progres seperti pembangunan Rumah Sakit (RS) Jantung, Perpusakaan Daerah dan jalan wisata Kendari-Toronipa.

Asisten II Setprov Sultra, Suharno mengatakan seluruh program prioritas pembangunan AMAN terus menunjukkan progres yang positif. Saat ini, pembangunan gedung perpustakaan telah masuk tahap finishing. Ditargetkan rampung akhir tahun. Begitupun dengan jalan wisata Kendari-Toronipa dan RS Jantung yang pengerjaannya terus berlangsung.

“Program-program unggulan akan terus digenjot. Untuk memastikan semua berjalan lancar, rutin terus melakukan koordinasi terutama proyek-proyek strategis di bidang infrastruktur. Di sisi lain, kami turut mendorong peningkatan di bidang pertanian dan beberapa produk unggulan Sultra, ” jelasnya saat acara coffie morning bersama Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Senin (23/8).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul menambahkan secara teknis pengerjaan konstruksi RS Jantung dan finising gedung perpustakaan berjalan lancar. Yang menjadi kendala, lebih karena faktor alam atau cuaca.

“Kendala utama pengerjaan di lapangan justru cuaca. Sebab hal ini menyangkut keselamatan pekerja. Makanya, kami turut berkoordinasi dengan BMKG. Untuk menjaga pekerja dari paparan covid-19, mereka juga telah divaksin hingga suntikan kedua,” jelas mantan Manajer Timnas Softball ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin mengatakan pengerjaan jalan wisata Kendari-Toronipa telah mencapai 52 persen. Besaran anggaran yang telah dicairkan hingga tahap dua mencapai 28 persen dari pagu sebesar Rp 756 miliar.

“Insya Allah, jalan wisata Kendari-Toronipa sudah bisa digunakan tahun 2023 mendatang. Kendala besar kita dalam kurun dua sampai tiga bulan terakhir, sama dengan proyek lainnya yakni cuaca. Kondisi ini sangat menghambat pekerjaan terutama perbaikan jalan,” jelas mantan Kadis ESDM Sultra ini. (b/rah)

Proyek Prioritas AMAN
RS Jantung (Tahap II)
-Progres 15 Persen
-Pengecoran Lantai 10
-Masa Kontrak 18 Bulan (Hingga Oktober 2022)
-Anggaran Rp 388,8 Miliar

Gedung Perpustakaan Daerah (Finishing)
-Serah Terima Ditagetkan Akhir Tahun
-Anggaran Rp 5 Miliar

Jalan Wisata Kendari-Toronipa (Tahap II)
-Progres 52 Persen
-Anggaran Rp 756 Miliar
-Digunakan Tahun 2023

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top