Pengerjaan Proyek RS Type D Dimulai Bulan Depan

KENDARINEWS.COM — Proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) Kota Kendari Tipe D masuk tahap lelang. Namun prosesnya tak lagi. Diperkirakan bulan Januari ini bakal dirampungkan. Jika tak ada kendala, groundbreaking pembangunan RS bakal dilaksanakan Februari mendatang.

PPK Proyek Pembangunan RSUD Tipe D, Aswido mengatakan pengerjaan rumah sakit bakal dimulai pada Februari 2022 atau pasca lelang pada Januari ini. “Sudah akan dilaksanakan,” ujarnya, kemarin.

Struktur RS lanjutnya, akan dibangun 2 setengah lantai dengan desain modern dan representatif bagi pengunjung maupun pasien. “Konsepnya rumah sakit modern sehingga bisa membuat nyaman siapa saja yang berkunjung. Utamanya nyaman bagi pasien,” kata Aswido.

Tidak hanya gedung RS, pihaknya juga bakal membangun sejumlah sarana penunjang yang meliputi pembangunan jalan, area parkir, dan ruang terbuka hijau (RTH). Terkait anggaran, Aswido mengaku kondisinya sangat mencukupi untuk mendirikan sebuah RSUD Tipe D. Pasalnya anggaran yang disiapkan sebesar Rp 146 miliar.

Sulkarnain Kadir

“Kami harap dalam pelaksanaannya tidak menemui kendala. Mudah-mudahan bisa segera terbangun. Kami target pengerjaan rumah sakit rampun bulan Juli,” kata Aswido.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap proses lelang bisa segera dituntaskan sehingga pembangunan rumah sakit bisa langsung berjalan dan tuntas tepat waktu. Hal tersebut tentu untuk bisa memenuhi ekspektasi masyarakat yang menginginkan pelayanan kesehatan yang prima dan cepat.

“Ini ikhtiar kita agar masyarakat Kota Kendari merasakan pembangunan di Kota Kendari secara merata. Oleh kerena itu kami hadirkan Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Puuwatu,” kata Sulkarnain Kadir.

Mantan Anggota DPRD Kendari ini menambahkan, selain melayani masyarakat Kota Kendari, RSUD Tipe D juga didedikasikan kepada masyarakat yang berbatasan langsung dengan Kota Kendari seperti masyarakat Konawe dan Konawe Utara.

“Kita kan berstatus Ibukota Provinsi. Tidak boleh kita hanya berpikir kepentingan kita di Kota Kendari. Tapi juga kita bisa melayani saudara kita yang datang dari Kabupaten Konawe dan Konawe Utara,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Proyek RS Tipe D
Anggaran Rp 146 Miliar
Dibiayai Pinjaman PT SMI Kemenkeu
Kapasitas 67 Ruang Rawat Inap
Lokasi di Puuwatu
Khusus Pasien Covid-19 dan Virus Lainnya

Infrastruktur Pendukung RS
-Pembangunan Jalan
-Area Parkir
-Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *