Metro Kendari

Pengadaan Disetujui, DLHK Kendari Tambah 9 Mobil Sampah

KENDARNEWS.COM — Produksi sampah di Kota Kendari terus meningkat. Setiap harinya, sampah yang dihasilkan mencapai 260 ton. Atas dasar itu, Pemerintah Kota Kendari bakal menambah armada pengangkutan. Rencananya, pemkot bakal mendatangkan sebanyak sembilan armada baru pada Mei mendatang. Tambahan itu diharapkan bisa mengakomodir ratusan ton sampah warga metro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Nismawati mengatakan tambahan armada pengangkut sampah sangat penting mengingat produksi sampah warga yang cukup banyak dan tidak sebanding dengan jumlah armada pengangkut yang tersedia. “Armada yang beroperasi saat ini sebanyak 38 unit. Namun kondisinya sudah tua dan sering rusak. Nah, kalau misalnya masuk bengkel berhari-hari, maka wilayah kerja dari armada itu sampahnya tertumpuk. Itu jadi kendala,” kata Nisma.

Atas dasar itu, pihaknya mengajukan permintaan kepada Wali Kota Kendari untuk pengadaannya dan akhirnya disetujui. “Untuk saat ini pengadaan armada pengangkut sampah telah masuk pada tahap lelang dan paling lama sekitar bulan Mei, kesembilan armada baru tersebut sudah ada dan resmi beroperasi,” kata Nismawati.

Nismawati berharap, penambahan armada baru tersebut dapat mengatasi masalah persampahan sehingga bisa mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni berbasi ekologi (lingkungan), teknologi dan informasi. Sembilan armada pengangkut sampah yang dimaksud terdiri dari 1 unit Compector Truck, 3 Dumpt Truck, dan 5 Arm Roll. (b/ags)

Armada Sampah Tambahan
Compector Truck 1 Unit
Dumpt Truck 3 Unit
Arm Roll 5 Unit

Armada Sampah Saat ini 38 Unit
Petugas Kebersihan 236 Personil
Produksi Sampah 260 Ton Perhari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top