Wakatobi

Penerima Beasiswa Bersinar Wajib Miliki Rekening


KENDARINEWS.COM — Setelah diserahkan secara simbolis, program Pendidikan Bersinar siap disalurkan pada seluruh penerima. Baik itu bantuan siswa miskin (BSM) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun beasiswa prestasi bagi kalangan mahasiswa starata satu (S1) dan starata dua (S2). Namun sebelum itu, pihak penerima telah diwajibkan memiliki buku rekening sendiri.

La Ali Wangi

Mengingat penyalurannya dilakukan secara nontunai, maka tiap peserta penerima baik BSM maupun beasiswa prestasi harus memiliki buku rekening atas nama masing-masing. Itu sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi agar pemberian bantuan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tersebut, benar-benar digunakan untuk kebutuhan sekolah atau pembayaran SPP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi, La Ali Wangi, mengatakan, saat ini untuk data seluruh penerima beasiswa prestasi telah diberikan ke pihak Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Wakatobi. “Karena di sana langsung yang akan menyalurkan anggaran ini ke masing-masing rekening penerima beasiswa ini,” terangnya, Selasa (15/12).
Sementara itu, untuk peserta penerima BSM datanya baru akan diserahkan ke pihak terkait sehingga anggaran bisa segera dicarikan. “Jadi, bedanya dulu dan sekarang, kalau penyaluran sebelumnya kita (Dikbud) langsung yang berikan, maka saat ini tidak lagi. Langsung dari keuangan yang akan menyalurkannya ke rekening penerima,” tambah Ali Wangi.

Sekadar diketahui, program ini diberikan kepada 971 orang siswa SD dan SMP serta beasiswa untuk mahasiswa berprestasi pada tahun anggaran 2020. Salah satu program unggulan Pemkab Wakatobi ini telah terealisasi sejak tahun 2017 lalu. Hampir setiap tahun penerima BSM dan beasiswa prestasi mengalami peningkatan. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top