Konawe Utara

Penerbitan KIA di Konut Capai 40 Persen


KENDARINEWS.COM — Kerja ekstra yang dilakukan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Utara (Konut) untuk meningkatkan kepemilikan dokumen kartu identitas anak (KIA), membuahkan hasil memuaskan. Saat ini tingkat kepemilikan KIA di Bumi Oheo, sudah mencapai 40 persen. Sekretaris Disdukcapil Konut, Irwan Daud, menuturkan meningkatnya kepemilikan dokumen KIA merupakan hasil dari perekaman keliling yang dilakukan pihaknya selama ini.

Irwan Daud

”Alhamdulillah, sekarang kepemilikan KIA mulai meningkat dengan persentase telah mencapai 40 persen lebih. Dokumen yang belum terinput masih ada beberapa kecamatan lagi. Tinggal kami memaksimalkan tim perekaman keliling dengan metode jemput bola,” ujarnya, Selasa (6/7). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memang rajin turun ke sekolah-sekolah hingga kecamatan dalam memaksimalkan penginputan. Irwan Daud mengklaim persentase perekaman KIA se Sultra, Konut masih berada pada tingkat teratas dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya.

“Posisi yang sudah tercatat KIA capaiannya diatas 40 persen. Nah, berkasnya dari kecamatan lain ini sementara diupdate. Kalau sudah terinput semua ini, capaiannya sudah bisa mencapai 50 persen,” yakinnya. Proses pencatatan KIA dan akta kelahiran masih terus dilakukan oleh Disdukcapil Konut. Sehingga target nasional dapat dicapai bahkan dapat melebihi target. Chip KIA diklaim untuk saat ini masih standby untuk kepentingan penerbitan kartu identitas anak.

“Sebagai bentuk keseriusan Disdukcapil, kami berhasil dapatkan bantuan anjungan alat perekam KIA dari pusat. Karena persentase se Sultra, Konut yang paling tertinggi,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top