Nasional

Peneguh Komitmen Bupati Tafdil Bekerja Transparan

Menuai Prestasi Pemkab Bombana Koleksi 8 Opini WTP

RUMBIA, KENDARINEWS.COM–Kerja tuntas sudah menjadi kebiasaan Bupati Bombana, Tafdil. Membangun infrastruktur fisik sudah pasti. Dua periode memimpin Bombana, sudah barang tentu, Tafdil mahir dalam urusan pemerintahan, termasuk tata kelola aset dan keuangan daerah. Tak heran jika delapan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam genggaman. Tafdil piawai membangun infrastruktur dan mengurusi aset serta keuangan.

Tahun 2021 ini, Bupati Tafdil menerima opini WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LHP LKPD) tahun anggaran 2020. Selama Bupati Bombana, Tafdil memimpin, Pemkab Bombana telah mengoleksi ke-8 opini WTP. Raihan itu menjadi peneguh komitmen Bupati Tafdil bekerja transparan dan akuntabel.

Bupati Bombana, H.Tafdil (kanan) menerima opini WTP atas LHP LKPD tahun anggaran 2020 dari Kepala BPK Perwakilan Sultra, Andi Sonny (kiri). Raihan opini WTP tersebut menjadi opini WTP ke-8 selama Bupati Tafdil memimpin Kabupaten Bombana. HUMAS PEMKAB BOMBANA

Bupati Bombana, Tafdil berbangga punya aparatur Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang mumpuni. Aparatur berkualitas mampu menerjemahkan arahan dan bimbingan Bupati Tafdil. Dengan kemampuan mumpuni itulah, kesuksesan meraih prestasi opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra bukan hal yang mustahil.

Raihan opini WTP ke-8 itu menjadi bukti pengelolaan keuangan dan aset daerah Pemkab Bombana dalam kendali Bupati H.Tafdil dan Wakil Bupati Johan Salim dianggap tertib dan menerapkan tata kelola keuangan secara transparan dan akuntabel. “WTP ini saya dedikasikan untuk seluruh aparatur dan masyarakat Kabupaten Bombana,” ujar Bupati Bombana, Tafdil, kemarin.

Sekda Kabupaten Bombana, Man Arfah menuturkan, BPK memberikan opini WTP kepada Pemda berdasarkan beberapa indikator. Sebut saja, kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), dan efektivitas pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal (SPI) atas laporan pemerintah daerah yang disajikan. “Pemberian predikat WTP tidak berarti sudah tidak ada permasalahan atas pengelolaan laporan keuangan daerah. Beberapa elemen kita akan tingkatkan dan perbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bombana, Arsyad mengatakan meraih predikat WTP delapan kali bukan perkara gampang. Predikat WTP ke-8 yang diraih Pemkab Bombana dalam komando Bupati Tafdil merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas serta komitmen bupati dan seluruh aparatur Pemkab Bombana. “Prestasi yang diraih Pemkab Bombana ini patut dibanggakan. Ini harus dipertahankan. Kalau perlu ditingkatkan lagi,” ujar Arsyad. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top