Edukasi

Pendaftaran Program Mahasiswa Wirausaha UHO 2021 Dibuka

KENDARINEWS.COM — Universitas Halu Oleo (UHO) kembali memberikan ruang kepada seluruh mahasiswa untuk menjadi calon wirausaha muda melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2021. Pendaftaran PMW dimulai sejak 15 Februari sampai 31 Maret 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Pembina Kewirausahaan UHO, Aswani, Jumat (26/2).

Aswani mengatakan, kuliah tidak hanya sekedar mengejar nilai saja. Tetapi harus ada bekal yang dipersiapkan untuk menata masa depan yang lebih baik. Salah satunya caranya melalui program PMW. Diperuntukan kepada seluruh mahasiswa aktif angkatan 2018 dan 2019.

“Setiap tahunnya penerima bantuan tersebut mengalami penambahan. Untuk tahun 2017 ada 40 orang, 2018 sebanyak 60 orang, 2019 terdapat 75 orang, 2020 sebanyak 100 orang dan untuk 2021 kuota yang disiapkan 125 orang,” kata Aswani kepada Kendarinews.com, Jumat (26/2).

Untuk kisaran bantuan modal yang bakal dicairkan dalam PMW 2021 ini, kata dia, berkisar antara Rp 7 juta sampai Rp 8 juta. Dengan sistem tiga tahap pencairan. Jika bidang usaha yang mereka targetkan membutuhkan anggaran besar maka akan dicairkan secara keseluruhan tetapi jika tidak maka akan disesuaikan. “Pencairannya tidak sama rata tergantung jenis usaha mahasiswa yang bersangkutan,” katanya.

Mantan Wakil Ketua BEM UHO itu juga berbagi tips agar proposal yang diajukan dapat disetujui harus fokus pada beberapa bidang yang diprioritaskan. Ada beberapa kategori diantaranya pada bidang kuliner berupa jenis usaha makanan dan minuman, barang dan jasa, pertanian, kehutanan, perikanan, dan pertanian. Mahasiswa yang tergabung dan mendapat bantuan tersebut berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Pertanian, lalu disusul fakultas-fakultas lainnya. Dan mahasiswa yang telah menerima PMW telah menghasilkan kreatifitas dan terpajang dibeberapa tempat dan tokoh di Sultra.

“Kebanyakan jenis usaha mereka sampai saat ini masih beroperasi dan terpajang di tokoh-tokoh. Disekitaran kampus kita bisa melihat banyak usaha kecil disamping jalan. Salah satu pendorong mereka semua melalai program ini,” tuturnya.

Aswani menambahkan, terdapat pula pelatihan-pelatihan khusus yang diberikan kepada penerima PMW itu agar usaha mereka tetap eksis dan dapat berkembang nantinya. “Program ini juga membantu mahasiswa untuk menambah pundi-pundi rupiah terutama dalam situasi pandemi COVID-19,” tandasnya. (ali).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top