Pendaftaran CASN 2021 Diperpanjang 26 Juli

KENDARINEWS.COM — Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperpanjang waktu pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di portal SSCASN BKN. Pendaftaran yang semula berakhir 21 Juli 2021 diundur menjadi 26 Juli 2021.

Sejumlah peserta CASN mengikuti ujian di bilik plastik untuk mencegah penularan Covid-19.

Plt Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengungkapkan, perubahan jadwal tersebut disampaikan kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Informasi itu juga telah dipublikasikan di kanal media sosial BKN. ”Perpanjangan waktu pendaftaran ini berlaku untuk seluruh instansi pusat dan daerah yang membuka rekrutmen ASN tahun ini,” ujarnya, kemarin.

Terkait alasan perpanjangan waktu pendaftaran, ungkap Paryono, ada sejumlah pertimbangan. Antara lain memberikan kesempatan lebih panjang kepada masyarakat untuk bisa mendaftar. Selain itu, masih ada instansi yang pendaftarnya minim. Merujuk data terbaru BKN, hingga Senin (19/7) ada sejumlah instansi yang memang masih nol peminat. Misalnya lowongan di Pemerintah Kabupaten Tolikara dan Pemkab Paniai, Papua.

Disinggung soal sepinya peminat tersebut, menurut Paryono, hal itu bisa jadi disebabkan formasi yang ditawarkan kurang diminati. Sebab, tahun ini tidak semua formasi dibuka untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ada juga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru dan PPPK nonguru. ”Mungkin kalau pemda hanya buka PPPK guru, peminatnya jadi sedikit. Mungkin lho ya tapi,” ujarnya.

Jika sampai batas penutupan pendaftaran formasi tersebut tetap tak ada peminat, tak akan ada perpanjangan lagi. BKN mungkin menggunakan opsi seperti tahun lalu, yakni dilakukan optimalisasi formasi. Formasi kosong diisi dari orang yang memiliki nilai terbaik, tetapi yang bersangkutan tidak diangkat menjadi CPNS. Misalnya karena formasi yang dituju membuka satu lowongan saja. Sehingga peringkat kedua bisa mengisi formasi yang kosong. Itu pun dengan syarat formasi dan kualifikasi pendidikan sama dan dalam satu instansi.

Lebih lanjut Paryono mengatakan, dengan diberlakukannya perpanjangan waktu pendaftaran di portal SSCASN BKN, jadwal tahapan seleksi berikutnya ikut mengalami penyesuaian. Adapun sejumlah tahapan yang ikut mengalami penyesuaian perubahan adalah pengumuman hasil seleksi administrasi menjadi tanggal 2–3 Agustus 2021. Kemudian masa sanggah pada 4–6 Agustus 2021 dan jawab sanggah dari instansi pada 4–13 Agustus 2021. Terakhir, pengumuman pascasanggah pada 15 Agustus 2021. (jpg)

Tinggalkan Balasan