Metro Kendari

Penataan Kawasan Kumuh Bonggoeya dan Lalolara Dimulai Mei

KENDARINEWS.COM — Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) skala lingkungan berlanjut tahun ini. Sebanyak dua kelurahan di Kendari yakni Lalolara dan Bonggoeya beruntung mendapatkan program tersebut. Rencananya, penataan kawasan akan dimulai Mei mendatang. Program Kotaku diharapkan bisa mengatasi kekumuhan diwilayah tersebut. Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir, program kotaku memiliki nilai strategis dalam pembangunan di perkotaan. Program tersebut sangat membantu pihaknya dalam menata lingkungan masyarakat, khususnya mengatasi masalah kekumuhan, “Program ini sangat positif. Sangat membantu kami dalam menggalakkan pembangunan,” ujarnya,.

Program ini kata dia, sangat membantu pemulihan perekonomian masyarakat yang terdampak covid-19. Pasalnya program kotaku melibatkan tenaga kerja lokal. “Kita tahu sendiri dimasa pandemi covid-19 saat ini banyak masyarakat kita yang kehilangan pekerjaan dan sumber pendapatan. Sehingga dengan adanya program ini, mereka semua yang terdampak bisa diakomodir untuk bekerja,” kata Sulkarnain Kadir. Politisi PKS ini memastikan, program kotaku akan bergulir pada Mei mendatang. Pasalnya, berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Balai Prasarana dan Permukiman Warga (BPPW) Sultra bahwa anggaran program kotaku bakal segera diturunkan melalui Badan Kessadayaan Masyarakat (BKM) di dua kelurahan dimaksud (Lalolara – Bonggoeya).

“Kalau sudah cair, pekerjaan langsung dimulai. Semakin cepat semakin baik karena masyarakat akan semakin cepat mendapatkan manfaatnya apalagi dibulan ramadan kali ini. Supaya masyarakat bisa bersuka cita merayakannya,” kata Sulkarnain. Mengingat program tersebut bakal segera digelar, Sulkarnain meminta masyarakat di dua kelurahan tersebut untuk bersiap menyambutnya. Sulkarnain berharap masyarakat turut serta dalam pelaksanaan, pengawasan dan juga perawatan terhadap sarana yang akan dihadirkan.

“Jika nanti sudah terwujud, saya minta masyarakat bisa menjaga dan memeliharannya. Supaya bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama. Kalau kita bisa dijaga dengan baik, maka kemungkinan besar program serupa bisa kita dapatkan ditahun berikutnya,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Kotaku Skala Lingkungan
-Kelurahan Lalolara dan Bonggoeya
-Kebagian Anggaran Rp 1 Miliar Perkelurahan

Item yang Dibenai

  • Penyediaan Aksesibiltas Jalan
  • Saluran Drainase
  • Penyediaan Air Bersih (minum)
  • Pembuatan Tempat Sampah
  • Penyediaan RTH
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top