Pemulihan Pembelajaran Gunakan Kurikulum Prototipe


KENDARINEWS.COM — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mempersiapkan Kurikulum Prototipe, untuk digunakan pada 2022 mendatang. Adapun kurikulum yang disempurnakan tersebut hanya bersifat opsional.

Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek Zulfikri, mengungkapkan opsi kebijakan kurikulum ini adalah untuk pemulihan pembelajaran. Kurikulum Prototipe ini akan mendorong pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, serta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar.

“Di tahun depan tidak ada kebijakan kurikulum baru, tetapi kebijakan pemulihan pembelajaran akibat pandemi. Dalam dua tahun ke depan, kurikulum yang disederhanakan akan terus dievaluasi sambil memperkenalkan kepada seluruh masyarakat,” tutur dia dalam keterangannya, Rabu (29/12).

Siswa SMA Labschool Unesa mengikuti pembelajaran tatap muka di Jalan Citra Raya, Lakarsantri. Sekolah diharapkan siap menerapkan kurikulum baru. (Riana Setiawan/Jawa Pos)

Lebih lanjut, Zulfikri menyampaikan bahwa pemulihan pendidikan melalui penerapan kurikulum prototipe perlu menjadi sebuah gerakan. “Pada prinsipnya kurikulum memberikan kemudahan bagi siapapun, termasuk bagi pendidik dan peserta didik. Mas Menteri mengingatkan kita, bahwa ini bukan sekadar kebijakan, tetapi sebuah gerakan bersama,” kata dia.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda pun menyambut hal baik tersebut dan meminta agar ada intervensi yang dipersiapkan untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut. Di mana hal ini tentunya akan berdampak pada penggunaan anggaran.
“Nanti akan kami pertimbangkan untuk afirmasi alokasi anggaran dari APBN, untuk dicari skemanya,” ungkap dia.

Ia menyampaikan, Komisi X DPR RI mendukung terobosan-terobosan yang dilakukan Kemendikbudristek, khususnya dalam penanganan dampak pandemi. “Semoga dengan opsi kurikulum prototipe, saya yakin akan ada transformasi pendidikan yang lebih cepat terlebih di masa pasca pandemi ini,” tutup Huda. (jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *