Buton Tengah

Pemudik Wajib Tes Kesehatan, Buka Posko di Terminal, Pelabuhan dan Perbatasan

KENDARINEWS.COM-Jelang mudik lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) terus matangkan penjagaan di tiap-tiap posko pengamanan. Tidak hanya jalur transportasi darat di terminal, namun juga di pelabuhan atau transportasi laut, maupun tapal batas wilayah antar kabupaten.

Asisten II Setda Buteng, Ir H Maiynu mengatakan telah melaksanakan rapat pemantapan bersama jajaran pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan instansi terkait lainnya. Langkah ini bagian dari sinergitas untuk memastikan pengamanan serta pengawasan mudik lebaran berlangsung aman dan lancar.

“Alhamdulillah, kita sudah berembuk bersama unsur TNI-Polro, Kementerian Agama (Kemenag) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya. Dalam sudah ada kesepakatan. Kini, tinggal pelaksanaan di lapangan saja. Saya berharap semaunya berjalan baik,” katanya saat dikonfirmasi Kendari Pos, Minggu (2/5).

Menurutnya, ada berbagai protap yang akan diterapkan dalam pengaman mudik lebaran. Diantaranya, para pemudik akan diwajibkan melakukan tes kesehatan. Baik itu yang melewati jalur laut maupun perbatasan. Upaya ini tak lain untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Kalau ada yang terindikasi, maka langsung kita tangani. Pengamanan ini akan masif dilakukan di pelabuhan, terminal maupun perbatasan Muna-Buteng,” jelasnya.

Sementara kebutuhan di lapangan lanjut Maiynu, sudah tidak ada masalah. Nantinya, posko-posko yang sudah ditempatkan di beberapa titik. Misalnya, di Pelabuhan wamengkoli, Terminal Mawasangka, dan Perbatasan Muna-Buteng di Lakapera akan dilengkapi personil. Baik itu, TNI/Polri, Pihak Satpol-PP, Perhubungan dan Tenaga Kesehatan.

“Para petugas inilah yang nantinya, akan stand by di posko pengamanan selama mudik lebaran. Untuk tambahan, nanti di posko ini akan disediakan mobil ambulance,” ucapnya.

Ia berharap pengamanan mudik lebaran bisa berjalan dengan baik dan lancar. Untuk itulaj, ia meminta seluruh OPD mari bekerja sama dengan pihak TNI/Polri. Agar pelaksanaan dilapangan bisa sesuai harapan bersama. “Semoga pengamanan dilapangan bisa berjalan dengan lancar. Kami berharap, dalam tes kesehatan nantinya, tidak ada satupun pemudik terindikasi virus Covid-19. Apalagi ini demi keselamatan kita semua,” tutupnya. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top