Metro Kendari

Pemkot Tambah 9 Unit Armada Pengangkut Sampah

Nismawati

Dilaunching 17 Agustus Mendatang-

KENDARINEWS.COM– Produksi sampah di Kota Lulo cukup tinggi. Jumlahnya mencapai 260 ton per hari. Ratusan ton limbah itu harus diangkut oleh petugas kebersihan. Guna memaksimalkan pengangkutan, pemkot akhirnya menambah 9 unit armada pengangkut sampah. Hadirnya armada baru tersebut menambah jumlah kendaraan pengangkut menjadi 47 unit.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, penambahan unit armada sampah sangat penting untuk memaksimalkan pengangkutannya setiap hari. Pasalnya, jumlah produksi sampah yang dihasilkan masyarakat sangat tinggi. Kondisi itu diperparah dengan ketidak disiplinan warga terhadap waktu membuang sampah.

“Kalau armadanya sudah ditambah maka  pengangkutannya bisa dilakukan 2 sampai 3 kali sehari. Ini untuk mengantisipasi warga yang buang sampah bukan pada waktunya yakni mulai pukul 18.00 sampai pukul 05.00 pagi. Kalau buang sampah pukul 09.00 pagi keatas tentu akan kotor kembali lingkungannya, jadi kami siapkan tambahan untuk mengangkut sisa yang dibuang warga tadi. Tapi kami harap warga buang sampahnya tepat waktu,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Terpisah, Kepala DLHK Kendari Nismawati mengatakan, tambahan 9 unit armada pengangkut sampah terdiri dari 3 unit Dump Truck, 5 unit Arm Roll, dan 1 unit Compector Truck. Seluruhnya akan dilaunching dan resmi beroperasi pada 17 Agustus mendatang atau tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

“Kalau sudah beroperasi maka kami pastikan pengangkutannya akan semakin intens kami lakukan. Selain itu, jangkauan pengangkutan bisa semakin kita perluas khususnya wilayah-wilayah yang selama ini sulit kita jangkau seperti wilayah pesisir,” kata Nismawati. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top