Metro Kendari

Pemkot Kendari Peringati Hari Lingkungan Hidup

Sampah Laut Capai 1 Ton Perhari

KENDARINEWS.COM — Tidak sedikit warga metro yang menyadari pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Hanya karena mau gampangnya saja, mereka lebih membuang sampah sembarangan. Salah satunya di sekitar periaran di Teluk Kendari. Padahal sampah berdampak ekologi laut dan menjadi penyumbang sedimentasi.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Nahwa Umar mengatakan masyarakat harus menyadari membuang sampah sembarangan dan di laut bisa merusak ekosistem laut. Makanya, pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) terus mengedukasi masyarakat.

Nahwa Umar

“Seluruh elemen terutama masyarakat pesisir agar sadar untuk tidak membuang sampah dilaut. DLHK tetap semangat mengatasi permasalahan sampah yang timbul baik di darat maupun di laut. Di sisi lain, tak bosan untuk selalu mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Nahwa saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kawasan Pesisir Kelurahan Petoaha, Kecamatan Nambo, kemarin.

Produksi sampah di Kota Kendari terus meningkat. Tahun ini, sekitar 260 perhari sampah yang diangkut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu. Dari jumlah itu, ada sampah yang diangkut dari wilayah perairan (laut). Tiap hari sekitar 1 ton didominasi sampah plastik.

“Sampah ini bisa merusak ekosistem teluk. Bisa menyebabkan pendangkalan, mencemari teluk yang berdampak pada kematian ikan, bahkan bisa juga membunuh mangrove,” kata Nahwa Umar.
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain mengaku senang turut dilibatkan dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini. Sebab persoalan ini masuk dalam Kelompok Kerja (Pokja) III TP-PK. Yang mana, kader dituntut untuk menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Dengan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman untuk dihuni untuk akan berdampak baik terhadap kehidupan masyarakat. Bisa bermanfaat bagi kesehatan. Dan tentu saja masyarakat akan bisa semakin produktif sehingga bisa menghadirkan nilai tambah untuk lingkungan dan keluarganya,” kata Sri Lestari. (b/ags)

Produksi Sampah di Kota Kendari
-260 Ton Perhari
-Sekitar 1 Ton Sampah di Laut
-Di Laut Didominasi Sampah Plastik

Armada Sampah
Armada Sampah Saat ini 38 Unit
Petugas Kebersihan 236 Personil

Rencana Penambahan Armada
Compector Truck 1 Unit
Dumpt Truck 3 Unit
Arm Roll 5 Unit

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top