HEADLINE NEWS

Pemkot Kendari, Konsel dan Konawe Sepakati Batas Wilayah

KENDARINEWS– Tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Pemkot Kendari, Pemkab Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe menyepakati tapal batas yang ditentukan Tim Percepatan Penyelesaian Batas Daerah Kemendagri. Hal tersebut tentunya mengakhiri masalah batas wilayah yang selama ini jadi polemik.

Sesuai hasil pertemuan yang dipimpin langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi, Selasa (18/05/2021) lalu yang dihadiri langsung Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan Sekab Konawe, Ferdinand Sapan serta beberapa perwakilan Kemendagri, memutuskan beberapa poin kesepakatan. Pertama, Desa Lalowiu, Kecamatan Konda tetap berada di wilayah Kabupaten Konsel, sedangkan MAN Insan Cendekia serta area pemakaman tetap berada di wilayah Kota Kendari. Kedua pihak (Pemkot Kendari dan Pemkab Konsel) diharapkan segera berproses ketahap selanjutnya yakni penyusunan draf Permendagri terkait batas daerah.

Kedua, Pemkot Kendari dengan Pemkab Konawe sepakat terhadap penyelesaian batas wilayah dengan mengacu pada undang-undang nomor 6 tahun 1995 tentang pembentukan Kotamadya Tingkat II Kota Kendari dan Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) terbaru, dan terhadap sub-segmen Jalan Ringroad Tabanggele. Kedua pihak sepakat untuk menyerahkan penarikan garis batas kepada Kemendagri.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, menyambut baik penyelesaian tapal batas itu. Menurutnya, penyelesaian batas daerah disetiap wilayah di Indonesia diharapkan dapat berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan secara luas. Di samping itu, kepastian hukum dan batas daerah yang tegas, mutlak diperlukan untuk kemudahan berusaha di setiap daerah. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top