Metro Kendari

Pemkot Kendari Komitmen Hadirkan Kawasan Layak Huni

Atasi Kekumuhan, Pemkot Bangun Rusunawa

KENDARINEWS.COM — Pemkot Kendari berkomitmen menghadirkan kawasan yang layak huni bagi warganya. Salah satunya dengan membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Cara tersebut diyakini bisa mengakomordir masyarakat berpenghasilan rendah dan mencegah kekumuhan akibat pembangunan liar masyarakat.

Sulkarnain Kadir

Tahun ini, Pemkot telah menyiapkan anggaran sekira Rp 40 miliar untuk membangun Rusunawa di kawasan kumuh Puday dan Lapulu. Kehadiran rusunawa diharapkan bisa mengakomodir warga khususnya nelayan dan papalimbang (tukang ojek laut) yang belum memiliki hunian dikawasan tersebut.

Menurut Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir, pembangunan rusunawa dikawasan tersebut sangat penting untuk membantu masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah dalam memiliki tempat tinggal yang layak huni. Dia tak menampik jika saat ini terdapat sekira 100 kepala keluarga (KK) yang belum memiliki hunian, “Jadi kami bantu mereka agar bisa tinggal ditempat yang lebih layak,” ujarnya.

Ditambahkannya, tempat tinggal yang layak bagi masyarakat di Pulay-Lapulu masih belum sepenuhnya terpenuhi. Masyarakat memilih untuk berpindah-pindah mulai dari kawasan padat penduduk, tepi pantai, bahkan ada yang membangun di atas permukaan air laut. “Tidak teratur dan menyebabkan kekumuhan. Banyak perumahan warga yang tumbuh liar. Sehingga ini kita akan tangani. Kita akan buatkan tempat tinggal yang lebih layak. Sekaligus kita menyelamatkan lingkungan,” kata Sulkarnain Kadir.

Politisi PKS ini tak menyebut detail rincian pembangunan. Yang jelasnya kata dia, rusunawa nelayan bakal dibangun sebanyak dua unit di kawasan Puday dan Lapulu mulai tahun ini. Adapun penganggarannya bersumber dari dana kolaborasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan pihak swasta terkait. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top