Metro Kendari

Pemkot Kendari Dukung Keterbukaan Informasi Publik

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Pemkot Kendari mendukung penuh keterbukaan informasi publik saat ini. Hal tersebut diyakini mampu mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Menurut Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, keterbukaan informasi kepada masyarakat sangat penting. Pasalnya, pemerintah merupakan produsen data (informasi).

Di sisi lain keTerbukaan informasi akan berdampak pada capaiAN positif Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP). Pemkot Kendari sudah berusaha seoptimal mungkin dengan memaksimalkan peran Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai corong pemerintah.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (KIRI) saat memberikan pemparan terkait keterbukaan informasi pemerintah terhadap masyarakat dalam FGD yang digelar KIP. AGUS SETIAWAN / KENDARINEWS.COM

“Alhamdulillah selama pandemi ini, salah satu dinas yang pesat perkembangannya itu adalah Dinas Kominfo dari sisi peran yang sangat luar bisa. Karena kami ingin masyarakat mendapatkan informasi yang akurat sehingga masyarakat bisa bertindak yang tepat juga,” ungkap Sulkarnain Kadir, Selasa (27/04/2021).

Selain itu, kata Wali Kota, dalam keterbukaan informasi publik terkait bantuan selama pandemi Covid-19, Pemkot Kendari meluncurkan aplikasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat di Kota Kendari terkait jenis bantuan, siapa penerimanya, bantuan apa saja yang sudah diterima dan frekuensinya telah dicatat by name, by address dan by NIK.

Lanjutnya, aplikasi tersebut dapat diakses, sebagai bentuk tanggungjawab Pemkot Kendari dalam upaya memproduksi informasi sehingga masyarakat dapat menggunakan informasi tersebut dengan baik. “Penyediaan informasi kepada publik ini adalah sebuah kewajiban mutlak,” kata Sulkarnain Kadir. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top