Pemkot Kendari bangun sekitar 8 Km Drainase tahun ini

Proyek Penanganan Banjir On The Track

KENDARINEWS.COM — Banjir atau genangan air tak hanya disebabkan meluapnya debit 17 anak sungai di Kota Kendari. Buruknya drainase turut menjadi terjadinya genangan air. Tak heran, Pemkot Kendari begitu getol membenahi saluran drainase. Sepanjang tahun 2021, panjang drainase yang dibangun sekitar delapan kilometer (km).

DINAS PUPR KENDARI FOR KENDARI POS
DRAINASE : Untuk mencegah banjir, Pemkot Kendari membangun sistem drainase yang teritegrasi. Tahun ini, panjang drainase yang dibangun sekitar 8 km. Tampak pengerjaan drainase di jalan DI Panjaitan Lepo-lepo.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan penanganan banjir selalu menjadi prioritas dalam pemerintahannya bahkan sudah termaktub dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2017 – 2021. Makanya, pemerintah membangun sistem drainase yang terintegrasi. “Saya sudah instruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bergerak membangun sarana dan prasarana infrastruktur pengendalian banjir. Seperti pembangunan drainase, penataan sungai dan masih banyak lagi. Alhamdulillah kerja keras kita selama ini cukup berhasil. Di masa pemerintahan kami, banjir secara perlahan kita atasi,” kata Sulkarnain kemarin.

Terpisah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido mengungkapkan, untuk tahun ini, pihaknya telah membangun sekira 8 km drainase. Meski tidak merinci biaya, ia mengaku penganggarannya bersumber dari APBD Kota Kendari 2021. Adapun lokasi pembangunannya tersebar di 11 kecamatan se-Kota Kendari.

Pembangunan saluran air sepanjang 8 kilometer mampu mencegah potensi genangan air ketika musim penghujan. Buktinya tahun ini, sama sekali tidak ditemukan laporan banjir. Namun ia tak menampik ada beberapa tempat kerap terjadi genangan, seperti di Jalan AH Nasution (Bundaran Tank) dan jalan DI Panjaitan Lepo- lepo. Meski begitu pihaknya terus mengupayakan pembenahan drainase. “Di Lepo-lepo tidak lama lagi tuntas. Insyah Allah, kita aman dari banjir,” pungkasnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *