Metro Kendari

Pemkot Kendari Alokasikan Anggaran Insentif Nakes

KENDARINEWS.COM — Tenaga Kesehatan (Nakes) tak perlu khawatir tunjangan insentifnya ditiadakan atau ditunda. Tahun 2021, Pemkot Kendari telah mengalokasikan anggaran untuk para Nakes. Bukan hanya itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir telah memberi jaminan tidak adanya penundaan pembayaran insentif Nakes.

Sulkarnain Kadir meminta jajarannya tak menunda pembayaran insentif Nakes. Pasalnya, mereka adalah garda terdepan penanganan covid-19. Untuk itulah, seluruh haknya harus dibayarkan. Apalagi beban kerjanya cukup berat dan terkadang tidak mengenal batas waktu. “Saya sudah instruksikan instansi terkait untuk tak menunda-nunda,” tandas Sulkarnain.

Besaran intensif Nakes di Kota Kendari bervariasi. Untuk dokter spesialis, besaran tunjangan insentifnya sebesar Rp 5 juta. Sementara dokter umum dan Kepala Puskesmas Rp 4 juta. Untuk perawat, surveilance dan tim penjaga perbatasan antara Rp 3 juta s.d 2,5 juta.

Tidak hanya Nakes, intensif RT/RW juga tidak boleh ditunda. Sebagaimana Nakes, RT/RW merupakan garda terdepan penanganan covid-19. Lancarnya pembayaran insentif diharapkan meningkatkan kinerja mereka dalam memutus mata rantai penyebaran wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

“Nakes dan RT/RW memiliki beban kerja yang cukup berat. Pemberian insentif tepat waktu sangat penting demi menjaga konsistensi tugasnya. Jadi, saya ingin mengingatkan camat dan lurah untuk tidak menunda pembayaran,” tegasnya.

Selain untuk menjaga konsistensi nakes dan RT/RW dalam menjalankan tugasnya, juga merupakan wujud apresiasi pemerintah terhadap dua unsur tersebut. Sulkarnain pun berjanji akan menaikan insentif jika pihaknya mampu memaksimalkan capaian pendapatan asli daerah (PAD) tahun ini.

“Saya janjikan kalau Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita meningkatkan secara signifikan, Insya Allah tahun depan kita naikkan. Begitu juga dengan Karang Taruna dan LPM akan kita porsikan. Dengan begitu, seluruh perangkat di tingkat bawah bisa bersinergi,” ucap Sulkarnain. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top