Pemkot Kendari Gelar Penyekatan Terbatas

Cegah Omicron, Jalur Perlintasan Diawasi

KENDARINEWS.COM — Varian baru covid atau omicrom kini mulai mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Sebagai langkah antisipasi penyebaran, Pemkot Kendari melalui Satgas Penanganan Covid-19 bakal melakukan penyekatan terbatas dalam pengamanan libur natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan penyekatan terbatas dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru omicron. Penyekatan terbatas nantinya akan dilakukan dengan koordinasi pada satgas operasi lilin pengamanan Nataru. “Setelah kita konsultasi dan koordinasi dengan semua stakeholder, pada Nataru ini akan ada penyekatan terbatas, itu menyesuaikan dengan kondisi dan situasi,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Penyekatan sambungnya, akan dilakukan di beberapa akses penghubung Kota Kendari seperti Bandara Halu Oleo Kendari, Perbatasan Kendari – Ranomeeto (Konawe Selatan), Terminal Puuwatu, dan Seluruh Pelabuhan di Kota Kendari. Bagi masyarakat utamanya yang datang dari luar Kota Kendari disarankan untuk mematuhi beberapa ketentuan dalam penyekatan terbatas kali ini.

SULKARNAIN KADIR

Pertama, pelintas diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti menggunakan masker serta menjaga jarak. Kedua, pelintas diharapkan sudah mengikuti program vaksinasi minimal 1 kali yang dibuktikan dengan kepemilikan sertipikat vaksin pada aplikasi PeduliLindungi.

“Kami syaratkan (masyarakat/pelintas) minimal sudah satu kali vaksin. Karena kan kita tidak ingin kegiatan kita dipergantian tutup tahun ini menyebabkan munculnya klaster baru yang berpotensi merusak keadaan yang sudah bisa kita kondisikan dengan sangat baik di tiga bulan terakhir ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Kendari, Samsu Alam mengaku siap melakukan penjagaan pada seluruh akses penghubung di Kota Kendari, terutama pada titik penyekatan terbatas. Sebagai bentuk kesiapan, pihaknya tengah menyiagakan sekira 100 personil untuk disebar diberbagai titik penyekatan.

Untuk teknis pengawasan dan penegakan disiplin prokes, pihaknya bakal berkordinasi dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 dan Satgas Pengamanan Nataru. “Intinya kami siap (lakukan penyekatan terbatas),” kata Samsu Alam. (b/ags)

Titik Penyekatan
Bandara Halu Oleo Kendari
Perbatasan Kendari – Ranomeeto
Terminal Puuwatu
Pelabuhan di Kota Kendari

Syarat Masuk Kendari
-Pelintas Diwajibkan Mematuhi Prokes
-Wajib Gunakan Masker dan Jaga Jarak
-Pelintas Telah Divaksin (minimal sekali)
-Dibuktikan Kepemilikan Sertipikat Vaksin pada aplikasi PeduliLindungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *