Metro Kendari

Pemkot Bersama Baznas Salurkan Zakat Infak dan Sedakah Pegawai di Kelurahan Mata

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus melakukan penyaluran Zakat Infak dan Sedakah (ZIS) kepada masyarakat terdampak covid-19. Teranyar, Pemkot dan Baznas menyalurkannya di Kelurahan Mata, Kecamatan Kendari. Tercatat sekira 55 warga yang mendapatkan bantuan tersebut. Menurut Sulkarnain Kadir, penyaluran ZIS dalam bentuk modal usaha ini sangat penting untuk memulihkan kondisi perekonomian warga yang terdampak covid-19. Pasalnya, tidak sedikit warga yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kenutuhannya sehingga perlu untuk mendapatkan bantuan.

“Mudah-mudahan upaya ini semakin mendorong warga untuk berbagi kebaikan. Apalagi dibulan ramadan ini, penting kiranya kita berzakat untuk membantu sesama,” kata Sulkarnain Kadir. Ketua Dewan Masjid Kota Kendari ini juga berharap bantuan yang diberikan digunakan sepenuhnha oleh warga untuk berusaha. Untuk modal kerja agar dapat bermanfaat dan menjadi keberkahan bagi kehidupannya, “Sehingga kita berharap yang tadinya mereka sebagai penerima zakat, Insya Allah kedepanya sudah menjadi pemberi zakat,” kata Sulkarnain Kadir.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Kendari, H Alimuddin mengaku dana ZIS yang disalurkan pihaknya berasal dari penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari. Ia mengungkapkan, sebanyak 113 warga dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMK) di kelurahan Mata beruntung mendapatkan bantuan ini. “Pendistribusian ini kita lakukan secara bertahap. Dari 113 orang pendaftar di Kelurahan Mata, baru 55 pelaku UKM yang menerima bantuan tahap I. Sisanya masih diagendakan lagi,” ungkapnya.

Dia pun menegaskan bahwa bantuan yang diberikan semata-mata hanya bantuan atau stimulus dan bukan pinjaman. Sebab, zakat sudah menjadi hak bagi mereka yang termasuk ke dalam delapan golongan penerima zakat. “Jadi ini bantuan, bukan pinjaman. bantuan Infak Sedekah dari ASN lingkup Pemerintah Kota Kendari, dengan harapan mereka dapat menjalankan usahanya dengan baik, agar dapat bermanfaat untuk keluarga,” ujarnya.

Salah satu penerima bantuan, Rini Wijayanti menyambut baik program ekonomi produktif yang digagas Pemkot Kendari dan Baznas. Menurutnya, program tersebut sangat membantunya dari sisi permodala sehingga bisa mengembangkan usahanya. “Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini sangat membantu bagi Warga Kelurahan Mata Khususnya bagi yang pelaku usaha-usaha kecil. Kita berharap semakin banyak yang berzakat sehingga kedepanya nilai bantuan juga bisa bertambah,” tambahnya. Penerima bantuan lainnya, Maryam Daeng Nginga merasa sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan pemerintah. Ia berjanji bantuan tersebut akan dijadikan modal untuk untuk mengembangkan usahanya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top