Bau-bau

Pemkot Baubau Gagas Aplikasi Si Polima

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. Penyesuaian pola kebijakan diambil sesuai modernisasi dan kecanggihan teknologi saat ini. Salah satunya adalah upaya peningkatan kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui aplikasi kinerja secara elektronik (E-Kinerja).

Saat ini aplikasi itu sementara digagas dengan nama sistem informasi pelayanan organisasi dan layanan insentif manajemen (Si Polima) ASN. Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar, mengatakan, aplikasi Si-Polima adalah sebuah ide untuk memacu kinerja ASN dengan memanfaatkan teknologi. Rencananya apilikasi tersebut akan mulai diterapkan pada awal 2021, setelah semua programnya rampung 100 persen. “Rencananya pada awal Januari nanti aplikasi Si Polima akan diluncurkan langsung oleh Wali Kota Baubau, AS Tamrin,” jelas Roni Muhtar.

Pemkot Baubau akan mengupayakan agar pembuatan aplikasi Si Polima dapat dirampungkan secepatnya. Kemudian akan dilakukan uji coba sebelum nantinya diterapkan. “Dalam uji coba ini kita tetapkan tiga OPD sebagai pilot project. Mulai dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau,” ujarnya.

Aplikasi Si Polima memiliki beberapa fungsi. Diataranya adalah sebagai alat ukur kinerja dan juga untuk mengontrol kehadiran ASN. “Secara elektronik hasil kinerja ASN ini akan dikonversi dalam hitungan-hitungan kuantitatif dan kemudian dalam nilai rupiah,” jelasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Baubau, Sadarman, mengungkapkan, pembuatan aplikasi Si Polima ASN sudah mencapai 90 persen. Semua akan diupayakan agar secepatnya dirampungkan.

“Semuanya akan mencapai 100 persen kalau user password telah dibagikan pada semua ASN Kota Baubau,” katanya. Meski belum sepenuhnya rampung, pihaknya telah menetapkan waktu untuk uji coba penggunaan aplikasi tersebut. Tiga instansi akan menjadi lokasi ujicoba. “Rencananya simulasi akan kita gelar pada tanggal 6 November,” ungkapnya, kemarin. Setelah simulasi dilaksanakan selanjutnya akan dievaluasi selama satu minggu.

Sadarman menambahkan, pada 12 November mendatang pihaknya akan melakukan pembagian user dan password pada semua OPD Kota Baubau. Kemudian, mulai tanggal 16 November pihaknya akan melakukan sosialisasi aplikasi Si Polima pada seluruh ASN. “Dalam sosialisasi ini kita akan menurunkan tim ahli, narasumber dan instruktur serta tim IT Kota Baubau,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top