Wakatobi

Pemkab Wakatobi Anggarkan Rp 2,6 Miliar untuk Beasiswa Pendidikan

KENDARINEWS.COM — Pada tahun 2021 ini, program Pendidikan Bersinar kembali mendapat porsi melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi. Dana sebesar Rp 2,6 miliar akan disalurkan untuk program beasiswa berprestasi dan bantuan siswa miskin (BSM) tersebut. Sejauh ini telah memasuki tahap monitoring. Jika tahun lalu penerima beasiswa prestasi mengalami kenaikan yang cukup signifikan, 2021 ini Tim Verifikasi Berkas Beasiswa Bersinar memastikan anggaran tersebut tidak akan ada lagi penambahan. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah.

Ketua Tim Verifikasi Berkas Beasiswa Bersinar, Nurmasi, menjelaskan, proses pencairan anggaran diupayakan lebih cepat dari sebelumnya. Meski proses belajar mengajar belum normal, namun syarat dan mekanismenya tetap sama. “Anggaran untuk tahun ini sebanyak Rp 2,6 miliyar. Ini untuk beasiswa prestasi dan BSM. Kita dari tim verifikasi saat ini tengah memasuki tahap monitoring. Kami juga tekankan ke pihak sekolah dan para mahasiswa agar membuka rekening sesuai ketentuan yang ada,” ungkap Kepala Seksi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi tersebut.

Nurmasi berharap penyaluran program Pendidikan Bersinar tahun ini tidak mengalami keterlambatan. Kendala yang sebelumnya terjadi pada tahun-tahun lalu akan diantisipasi dengan cepat. “Jadi, kalau sebelumnya proses dan pencariannya lama karena ada satu dan lain hal (ada berkas mahasiswa seperti buku rekening tidak aktif), tahun ini kita tekankan harus punya rekening aktif agar penyalurannya tidak terlambat,” tambahnya. Sekadar diketahui, pada tahun 2020 lalu penerima beasiswa prestasi meningkat hampir 100 persen. Pada tahun 2019, mahasiswa yang menerima beasiswa hanya berjumlah 540 orang. Sementara, tahun 2020 lalu sebanyak 971 orang. Sementara untuk BSM baik tingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama, hanya bertambah empat orang. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top