Kolaka Timur

Pemkab Tanggung Biaya Kesehatan 117 Kades

Hanaruddin

KENDARIPOS.CO.ID– 117 kepala desa dan aparaturnya masuk dalam daftar kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah memberikan jaminan kesehatan pada ratusan kepala desa serta aparatnya untuk bisa menjalankan pemerintahan dengan baik.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanaruddin, menyampaikan, kini para Kades dan aparat desa tak perlu lagi memikirkan tanggungan biaya kesehatan ketika sakit. Pemkab Koltim telah menyusun anggaran untuk menjamin pelayanan tersebut.

Mantan Camat Mowewe itu menjelaskan, Pemkab berupaya melaksanakan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 440/2857/SJ tentang implementasi peraturan menteri dalam negeri nomor 119 tahun 2019 terkait pemotongan, penyetoran dan pembayaran uang jaminan kesehatan bagi kepala desa dan perangkatnya.

“Satu persen dari gaji aparat dan empat persen dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Koltim tahun 2021. Kalau dana empat persen melekat pada DPA DPMD Koltim tetapi masih menunggu APBD perubahan untuk dibayarkan ke BPJS,” jelas Hanaruddin, Senin (30/8).

Kepala Bidang Pemerintahan DPMD Koltim, Kusram Maroli, memaparkan, dana satu persen iuran BPJS diambil dari gaji aparat. Ketika pencairan gaji di keuangan, maka langsung dipindahkan ke tagihan BPJS kesehatan. Ia mengaku, daftar tangihan BPJS kesehatan untuk Juli hingga Agustus 2021 sudah ada dan tinggal dibayarkan. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top