Muna Barat

Pemkab Muna Barat Siapkan Vaksinasi Tahap II

KENDARINEWS.COM — Perang terhadap wabah covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar). Tidak hanya melalui penegakan protokol kesehatan (Prokes), namun juga program vaksinasi. Di Mubar, penyuntikan vaksin tahap I telah rampung. Saat ini, Pemkab sedang mempersiapkan vaksinasi tahap II. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, LM. Isar Masiala mengatakan tengah mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi tahap II. Apalagi logistik vaksin telah tiba. Dalam waktu dekat, vaksinnya akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) melalui Puskesmas.

“Sebelum melalukan vaksinasi, kami telah mengawalinya dengan mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi baik ke organisasi perangkat daerah (OPD) maupun masyarakat. Insyah Allah, Senin depan kita sudah bisa memulai vaksinasi tahap II,” kata LM. Isar Masiala kepada Kendari Pos. Saat ini, pihaknya tengah mengsinkronkan data vaskin dengan jumlah sasaran. Setiap pemberian vaksinasi itu harus berjumlah 10 orang. Jika sekali vaksin hanya seorang, maka akan mubazir. Sebab setiap kali dibuka, harus digunakan buat 10 orang. “Agar tidak terbuang percuma, setiap mau diivaksin itu harus berjumlah 10 0rang,” jelasnya.

Vaksinasi kata dia, sangat penting. Pasalnya, vaksin akan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok guna memutuskan mata rantai penularan. Untuk itulah, ia meminta masyarakat mendukung program pemerintah dalam penanganan covid-19. Apalagi vaksin telah dipastikan keamanan dan kehalalannya. “Tidak perlu khawatir dan ragu. Kami dan tenaga kesehatan (Nakes) lainnya sudah divaksin. Sampai saat ini, belum ada laporan efek samping yang serius. Selain itu, penyuntikan vaksin akan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi, misalnya dokter, perawat,  ataupun bidan,” ujarnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top