Konawe Utara

Pemkab Konut Mulai Salurkan BPUM


KENDARINEWS.COM — Penyaluran sejumlah bantuan yang menyasar masyarakat terdampak pandemi Covid-19, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Mulai dari bantuan langsung tunai (BLT) maupun lainnya. Pemerintah juga terus memberikan bantuan bagi pelaku ekonomi melalui program bantuan produktif usaha mikro (BPUM). Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konut, Achmad, menuturkan, BPUM mulai didistribusikan pada pelaku usaha kecil sejak 20 Agustus lalu. Nominalnya sebesar Rp 1,2 juta setiap UMKM yang akan disalurkan lewat lembaga Perbankan.

Meski begitu, untuk memastikan pelaku UMKM menerima BPUM, bisa mengecek langsung melalui e-Form BRI. “Pelaku UMKM sebelumnya bisa mengecek terlebih dahulu namanya lewat e-Form dengan memasukan nomor induk kependudukan. Kalau terdaftar sebagai penerima BPUM, langsung ke bank untuk registrasi kembali untun mencairkan bantuan tersebut,” kata Achmad, Senin (6/9).
Sesuai usulan Dinas Koperasi dan UMKM Konut pada Kementerian Koperasi dan UKM, ada 2.661 pelaku usaha yang akan mendapatkan bantuan. Usulan tersebut dimasukkan sejak 2020 lalu, namun baru tahun 2021 ini direalisasikan Pemerintah Pusat.

Achmad

“Alhamdulillah, usulan pelaku usaha sudah direalisasikan sesuai persyaratan dan petunjuk teknis dari Kementrian Koperasi. Jadi bantuan ini juga bagian cara pemerintah untuk menggerakan pelaku UMKM tetap berusaha di tengah pandemi,” sambungnya. Dari ribuan pelaku usaha yang diusulkan, Achmad enggan memastikan, apakah semuanya akan mendapatkan BPUM. Sebab pihak kementerian tetap melakukan verifikasi. “Untuk data penerima BPUM yang sudah menerima, belum kita peroleh. Karena pendistribusiannya langsung dilakukan bank penyalur. Kami dari dinas hanya sebatas mengusulkan,” pungkasnya.

Salah satu penerima BPUM, Ikra menuturkan, dari hasil pengecekan identitas melalui e-Form dinyatakan sebagai penerima bantuan. Ia merasa terbantu dalam menambah modal usaha yang dijalani, apalagi ditengah pandemi Covid-19. “Saya sudah mengecek dan terdaftar sebagai penerima BPUM. Tinggal menunggu saja informasi dari pihak bank kapan pencairannya,” ungkapnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top