Kolaka Timur

Pemkab Koltim Benahi Jalan Provinsi Secara Swadaya

KENDARINEWS.COM — Dalam statusnya, pemeliharaan ruas jalan dari Rate-Rate menuju Lambandia di Kolaka Timur (Koltim) merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Namun sampai saat ini Pemprov melalui instansi teknis tak kunjung membenahi jalur tersebut, meskipun kondisinya cukup memprihatinkan. Melihat keadaan jalur transportasi penghungung menuju Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang rusak pada beberapa titik tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) berinisiatif membenahi jalan secara swadaya.

Pihak Dinas PU Koltim bersama PT. Hutama Karya (HK) dan partisipan lainnya bergotong-royong memperbaiki jalan provinsi tersebut. Kepala Dinas PU dan Perhubungan, Bio Mansur, mengakui, ruas Rate-Rate hingga Lambandia memang bukan tanggung jawab Pemkab. “Kita hanya sebatas mengusulkan kepada Pemprov melalui mekanisme Musrembang. Soal disetujui, urusan mereka. Pemkab juga telah berinisiatif membantu pelihara jalan, bahkan sudah ketiga kali kami lakukan perbaikan tetapi karena masih berjalan proyek nasional di Ladongi maka pengaspalan belum bisa. Alasannya mobilisasi material cukup tinggi. Maka kita perbaiki jalan yang parah dan diratakan saja, biar pengendara bisa melintas,” kata Bio Mansur, Minggu (25/10).

Mantan Sekdis PU Koltim ini mengatakan, partisipasi Pemkab bersama PT HK dilakukan dengan penyiapan alat berat serta perangkat lainnya. “Kalau jalan sudah bagus, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk aktivitas dan mobilisasi hasil pertanian. Apalagi, warga tidak mau tahu, jalan itu kewenangan siapa, makanya kami kerjakan saja secara swadaya,” jelasnya. Warga Kelurahan Tababu, Yasmin, memberikan apreasiasi pada Pemkab Koltim melalui Dinas PU dan Perhubungan yang telah berinisiatif memperbaiki jalan meskipun bukan tanggung jawab daerah. “Pemerintah daerah cukup berbuat untuk kepentingan masyarakat,” komentarnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top