Konawe

Pemkab Kolaka Terima Mobil PSC 911 dan Promkes

KENDARINEWS.COM — Salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka adalah peningkatan layanan kesehatan. Sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut, maka Pemerintah Pusat membantu Pemkab Kolaka dengan memberikan dua unit mobil yang dapat dioperasikan untuk memaksimalkan layanan kesehatan di Bumi Mekongga. “Bantuan tersebut adalah mobil public safety center (PSC) 119 dan kendaraan untuk promosi kesehatan (Promkes). Bantuan ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK),” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Harun Masirri.

Harun menjelaskan, mobil PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. Pihaknya akan bekerja sama dengan pihak terkait seperti polisi dan petugas pemadam kebakaran. “Jadi kalau ada yang sifatnya darurat maka mobil itu akan langsung menuju ke lokasi kejadian. Mobil PSC 119 ini dilengkapi tempat tidur untuk korban dan peralatan medis lainnya. Sehingga bisa melakukan pelayanan di lapangan,” sambungnya.

Untuk mobil Promkes, kata Harun, berfungsi untuk menyampaikan program kesehatan kepada masyarakat. “Kendaraan Promkes ini merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program informasi kesehatan, seperti misalnya terkait pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini. Mobil tersebut akan turun ke lapangan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait Covid-19 tersebut, termasuk langkah pencegahannya,” jelasnya. Harun menuturkan, mobil PSC 119 dan Promkes tersebut sudah dapat dioperasikan pada Desember mendatang. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top