Kolaka

Pemkab Kolaka Datangkan Dua Alat Swab Test


KENDARINEWSW.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka terus berupaya maksimal melakukan penanganan pada penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan pengadaan alat swab test. Dengan adanya perangkat tersebut, maka hasil swab warga yang mempunyai gejala Covid-19 dapat diuji secara mandiri, tanpa harus dikirim ke luar daerah untuk mengetahui hasilnya.


Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, dr. Muhammad Aris, yang dihubungi Minggu (20/9), mengungkapkan, ada dua alat swab test yang akan didatangkan.

dr. Muhammad Aris

Alat tersebut nantinya ditempatkan pada dua rumah sakit (RS) yakni di Antam Pomalaa dan RSUD SMS Berjaya.
“Dari dua alat swab test itu, satu bersumber dari APBD dan satunya lagi itu diadakan oleh PT Antam Tbk. Untuk yang di RS Antam diperkirakan akan tiba akhir September ini. Sedangkan yang di RS SMS Berjaya itu masih menunggu tahap persiapan di rumah sakit baru tersebut,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kolaka tersebut mengatakan, dengan adanya alat swab tersebut maka penemuan kasus Covid-19 akan cepat diketahui hasilnya. Sehingga penulusuran terhadap warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bisa lebih cepat dilakukan.

“Jadi, dengan adanya alat ini maka penularan Covid-19 bisa dicegah lebih awal. Harapannya bahwa nantinya betul-betul hanya orang datang ke Kolaka saja yang diwaspadai,” tutur dr Aris. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top