Buton Utara

Pemkab Butur Bakal Bangun Gedung RSUD Baru


KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur), H. Muh. Ridwan Zakariah dan Wakilnya, Ahali, telah menuntaskan tahap awal penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan disepakati bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Salah satunya, fokus membenahi pelayanan kesehatan di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara. Fasilitas kesehatan representatif dengan membangun gedung RSUD baru akan dilakukan.

Ridwan Zakariah

“Salah satu poin atau rencana-rencana pembangunan dalam RPJMD tertuang pembangunan gedung RSUD Butur yang baru. Lokasi pembangunannya dipindahkan di area perkantoran. Untuk gedung RSUD sekarang nantinya dijadikan Puskesmas Kulisusu dan markas Palang Merah Indonesia,” ujar Ridwan Zakariah, Jumat (21/5). Butur-1 tersebut mengungkapkan, konstruksi gedung RSUD sekarang mulai mengkhawatirkan dan rawan ambruk.

Olehnya itu, diera pemerintahan periode keduanya, ia berjanji akan merelokasi rumah sakit plat merah tersebut dan membangun gedung baru. “Selain itu, ada Bandara, pembangunan pasar rakyat modern dan jembatan penghubung Langere-Koepisino,” terangnya. Sementara itu, Kepala Bappeda Butur, Harmin Hari mengungkapkan, garis-garis besar dokumen RPJMD disusun secara sistematis dan terstruktur. Mulai dari dasar hukum penyusunan, gambaran makro daerah pada aspek ekonomi, sosial, infrastruktur, kondisi keuangan serta program prioritas dan kebijakan lima tahun kedepan, dimatangkan untuk mewujudkan visi misi kepala daerah.

“Rencana awal, RPJMD 2021-2026 tersebut termuat sembilan bab. Pertama mulai dari pendahuluan, kedua kondisi umum daerah, ketiga kondisi keuangan daerah, keempat masalah dan isu strategis, kelima visi, misi tujuan dan sasaran. Keenam strategi arahan kebijakan dan program daerah. Ketujuh kerangka pendanaan dan program perangkat daerah. Kedelapan penyelenggara Pemkab, serta indikator kinerja utama dan indikator kinerja kunci,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top