Buton

Pemkab Buton Siapkan Bibit Pala dan Kelapa


KENDARINEWS.COM — Tahun 2025 mendatang, sektor perkebunan Buton diproyeksi akan tumbuh lebih produktif. Program palanisasi dan kelapa genjah yang digaungkan sejak tahun 2019 lalu kini sudah diminati masyarakat. Selain menanam bibit dari pemerintah, sudah banyak petani yang mulai melakukan pembibitan sendiri. Dalam lima tahun ke depan, para petani sudah bisa menuai hasil tanamannya.

La Bakry

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, pembagian bibit pala dan kelapa genjah yang dimulai tahun ini diterima antusias oleh petani. 26 ribu anak pala dan 15 ribu kelapa genjah kini sudah tumbuh subur pada lahan-lahan masyarakat. “kalau dirawat baik-baik, tiga sampai lima tahun ke depan sudah bisa panen. Dan itu nilai jualnya menjanjikan,” katanya, Minggu (20/12). Program penyiapan bibit unggul itu akan tetap berlanjut tahun depan. Bahkan jumlahnya akan berlipat.

“Tahun depan kita siapkan 30 sampai 40 ribu bibit pala dan 10 ribu kelapa genjah,” janji Buton-1 itu.
Ke depan, tanaman pala dan kelapa genjah tersebut tidak saja akan menjadi sumber pendapatan petani. Tetapi juga bisa menjadi lokasi wisata alam. Sebab lahan pertanian yang cukup luas dengan tanaman seragam akan menarik minat orang untuk berada di dalamnya. “Bahkan bisa jadi orang akan menjadikan kita sebagai percontohan bagi daerah lain,” lanjutnya.

Masih kata suami Delya Montolalu ini, Ia sudah memerintahkan pihak Dinas Pertanian untuk terus melakukan pendampingan. Jika ada hambatan pada tumbuh kembang tanaman untuk segera ditindaklanjuti dengan solusi. “Misalnya ada serangan hama, itu petani harus didampingi. Atau ada bantuan pupuk, pokoknya petaninya harus didukung terus,” pungkasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top