Buton

Pemkab Buton Siap Bebaskan Lahan Stadion


KENDARINEWS.COM — Penetapan Buton sebagai salah satu dari dua lokasi tuan rumah penyelenggaran Porprov tahun 2022, mengharuskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) minimal memiliki stadion sepak bola. Untuk infrastruktur olahraga itu, Pemkab Buton mulai menyiapkan lahannya di Desa Takimpo, Pasarwajo. Rencananya akan dibangun pada 2021 mendatang. Namun sebelum itu, lahan yang masih tercatat sebagai milik masyarakat harus dibebaskan dahulu.

Terkait hal itu, Pemkab Buton bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan warga pemilik lahan sudah membangun komunikasi. Disepakati bahwa bentuk ganti rugi yang dilakukan berupa uang. BPN mengidentifikasi ada 15 pemegang sertifikat di atas lahan 12 hektare itu. Untuk mengambil alih kepemilikan lahan itu, Pemkab harus menyiapkan anggaran kurang lebih Rp 1,5 miliar.
Kepala BPN Buton, Tageli Lese, mengatakan, sejak lima bulan terakhir pemilik lahan yang diplot sebagai lokasi stadion itu sudah mulai saling klaim. Namun akhirnya sudah ada titik terang.

“Ini (polemik lahan stadion) sudah berlangsung hampir empat sampai lima bulan yang lalu. Dalam perjalanannya memang ada kendala-kendala, baik itu administrasi, maupun ada juga klaim dari orang-orang yang memiliki tanah. Tapi alhamdulillah kita bisa atasi, sehingga sampai ke musyawarah mengganti kerugian tadi,” paparnya, kemarin. Hasil pertemuan dengan warga itu kata dia akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak terkait lainnya di Pemkab Buton. Kebijakan mengenai harga, waktu dan prosedur pembayaran akan diputuskan.

“Tahap pembayarannya nanti menunggu prosedur dari keuangan, kapan siap. Nanti dibayarkan langsung kepada yang berhak melalui transfer rekening,” lanjutnya. Sebelumnya, Bupati Buton, La Bakry, menyebut, pengadaan stadion wajib sebagai persyaratan kelengkapan infrastruktur penyelenggara pesta olahraga. Ia pun optimis, dalam dua tahun penganggaran stadion akan tuntas. “Stadion harus ada dan itu sementara kita siapkan lahannya. Untuk anggaran fisiknya Insya Allah dibantu Pemerintah Provinsi,” katanya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top