Buton

Pemkab Buton Anggarkan Rp 6 Miliar Rehabilitasi Puskesmas di Lasalimu Selatan

KENDARINEWS.COM — Pelayanan kesehatan menjadi salah satu arah kebijakan prioritas yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton tahun ini. Karena itu pembangunan fisik seperti gedung pelayanan terus ditambah. Dalam APBD 2021, Pemkab menyiapkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk rehabilitasi total gedung Puskesmas Lasalimu Selatan (Lasel).

Hal itu dikatakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, M. Djufri. Menurutnya, fasilitas Puskesmas Lasel yang sudah berstatus rawat inap, sudah selayaknya ditingkatkan. “Pekerjaan fisik kita tahun ini di Puskesmas Lasel. Itu karena Puskesmas rawat inap makanya perlu direhab total. Dananya sudah ada masuk di APBD itu kira-kira Rp 6 miliar,” katanya, Kamis (11/3).

Djufri menambahkan, gedung Puskesmas Lasel butuh perbaikan karena usia gedungnya sudah cukup lama. Saat ini, konstruksi barunya didesain dua lantai. Tenaga kesehatannya sudah cukup dan belum lama ini juga mendapat tambahan satu unit mobil ambulans. “Untuk tenaga dan fasilitas pelayanan sebenarnya sudah cukup, ada ambulans baru juga di sana, tinggal gedungnya saja, supaya ruang rawatnya lebih nyaman,” tambahnya.

Puskesmas dengan akreditasi madya itu kata dia akan menjadi salah satu unit pelayanan terbaik di Kabupaten Buton nanti. Setelah direhab, Puskesmas itu berpeluang naik status pada level akreditasi utama. Untuk diketahui sejak 2020 lalu, 14 Puskesmas di kabupaten Buton seluruhnya terakreditasi. Tiga puskesmas berstatus utama, selebihnya madya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top