Buton Tengah

Pemkab Buteng Siapkan Rp 27 Miliar Untuk tangani Covid

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) telah menyiapkan anggaran untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Tahun 2021, daerah otorita Samahuddin itu, mengalokasikan duit Rp 27 miliar untuk mengatasi wabah.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Buteng, Hardiyanti.

Informasi itu disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Buteng, Hardiyanti. Katanya, anggaran penanganan Covid-19 berdasarkan intruksi langsung dari Mentri Keuangan melalui surat edaran nomor SE-2/PK/2021, yang menyebut 8 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) diporsikan untuk memutus rantai penyebaran pandemi.

“Dari jumlah keseluruhan DAU Buteng, mencapai Rp 339 Miliar. Dipotong 8 persen, jadinya itu Rp 27 miliar. Nantinya anggaran ini digunakan oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Buteng,” ujarnya.

Sejauh ini, Pemkab telah melalukan pelabelan terhadap semua kegiatan yang akan dilaksanakan Dinas Kesehatan maupun RSUD Buteng terkait penanganan Covid-19. Daftar kegiatannya, sudah disetorkan ke Jakarta.

Kita setor program kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19, ke Kementrian Keuangan. Balasannya kita masih menunggu. Apakah disetujui oleh kementerian atau tidak,” argumentasinya.

Ia berharap, dengan anggaran tersebut, dinas terkait bisa berkerja dan menggunakan anggaran tersebut dengan sebaik-baiknya. Apalagi, laporan penggunaan dana Covid-19 langsung dikirim ke pemerintah pusat.

“Regulasinya itu jelas, dinas terkait harus melaporkan tiap bulannya. Misalnya, penggunaan anggaran Covid-19 sudah sampai di mana realisasinya. Itu harus jelas laporannya,” ucapnya. (rud/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top