Buton Tengah

Pemkab Buteng Bakal Tambah Anggaran Beasiswa Setiap Tahun


KENDARINEWS.COM — Bupati Buton Tengah (Buteng), H.Samahuddin tak melulu mengurusi pembangunan infrastruktur (fisik). Pembangunan suprastruktur (non fisik) pun dilakoni. Bupati Samahuddin berkomitmen membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan. Dia meyakini, SDM berkualitas akan berbanding lurus dengan perkembangan pembangunan sebuah daerah, termasuk Buteng. Bupati Samuddin mencerdaskan anak bangsa di bumi Buteng

Bupati Samahuddin punya cita-cita mulia. Anak-anak milenial di Buteng harus berpendidikan. Dengan bekal pendidikan, mereka akan menggapai masa depan yang cerah. Untuk menggapai itu, Pemkab Buteng bertanggung jawab untuk menyiapkan generasi emas di masa mendatang sejak dini.

Bupati Buteng Samahuddin memberi pengarahan kepada stafnya dalam sebuah kunjungan lapangan. Bupati Samahuddin tak hanya fokus membangun infrastruktur namun juga aspek suprastruktur yakni pembangunan kualitas SDM. Bupati Samahuddin menyediakan beasiswa Samantau sekira Rp1 miliar tahun ini.

Berangkat dari komitmen, keyakinan dan cita-cita mulia itu, Bupati Samahuddin menyiapkan anggaran beasiswa dalam postur APBD. Namanya beasiswa Samahuddin-La Ntau (Samantau). Bupati Samahuddin mengatakan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) relatif stabil. Tahun 2014, IPM Buteng mencapai angka 61,69 persen. Kenaikan kembali terjadi di tahun 2018 menjadi 63,46 persen. Begitu juga di tahun 2019 dan 2020 di angka 64,37 persen.

“Dalam desain pembangunan kualitas SDM, Pemkab Buteng menggelontorkan beasiswa bagi masyarakat. Dan beasiswa ini akan terus dianggarkan di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Bupati Samahuddin, kemarin.

Bupati Samahuddin memastikan anggaran beasiswa Samantau selalu meningkat saban tahun. meski dengan adanya keterbatasan anggaran. Apalagi di situasi pandemi Covid-19. Misalnya, di tahun 2020, anggaran beasiswa Samatau sebesar Rp750 juta. Tahun 2021 naik menjadi Rp1 miliar. “Inilah bentuk komitmen kita dalam menunjang pendidikan di Kabupaten Buteng. Dengan adanya beasiswa Samatau, mahasiswa kita bisa giat lagi dalam belajar,” ungkapnya.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Buteng tersebut menjelaskan anggaran beasiswa akan terus ditambah setiap tahun. “Kita usahakan (bertambah) lagi. Semoga tahun 2022 mendatang anggaran beasiswa Samatau meningkat dibanding anggaran beasiswa tahun ini agar anak-anak kita bisa lebih baik lagi dalam meraih masa depan yang cerah. Tentu kita berharap ke depannya mereka dapat membangun daerah,” ulasnya.

Bupati Samahuddin berharap dengan anggaran beasiswa Samantau yang dikucurkan, masyarakat khususnya mahasiswa yang sedang berproses di perguruan tinggi (PT) bisa lebih bersemangat belajar. Sehingga prestasi yang mereka raih nantinya dapat berdampak baik buat daerah Buteng. (rud/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top