Pemkab Bombana Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

Bombana

KENDARINEWS.COM-Warga Bombana kini bisa membayar zakat fitrahnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat telah menetapkan besaran zakat fitrah 1442 Hijriah. Besarannya bervariasi antara Rp 35 ribu perjiwa hingga Rp 24,5 ribu perjiwa atau disesuaikan dengan makanan pokok sehari-harinya.

Sekretariat Daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa mengatakan besaran zakat fitrah ditetapkan berdasarkan nilai harga beras sesuai dengan kualitasnya. Takarannya 3,5 kilogram (kg) perjiwa. Untuk mereka yang mengkonsumi beras kualitas baik Rp 35.000 per jiwa, beras kualitas biasa Rp 29.750 per jiwa. Sedangkan yang mengkonsumsi jagung Rp 24.500 per jiwa.

“Besaran nilai zakat tersebut khusus untuk umat muslim yang ada di daerah daratan Kabupaten Bombana,” ungkap Sekretaris Bombana, Man Arfah kemarin.

Untuk Kabaena Kepulauan sambungnya, nilai zakatnya sedikit berbeda. Pasalnya, ada perbedaan harga beras kualitas biasa di wilayah daratan dan kepulauan. Bila di daratan harganya Rp 8,5 ribu perkg, di kepulauan Rp 9 ribu. Makanya, besarannya berbeda. Di wilayah kepulauan sebesar Rp 31,5 ribu perjiwa. Sementara beras kualitas baik dan jagung tetap sama.

“Dengan penetapan besaran zakat fitrah 1442 H ini, para umat muslim sudah bisa membayarkan zakatnya. Sesuai dengan besaran zakat masing-masing. Masyarakat diimbau untuk tetap menetapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat seperti rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Apalagi pandemi covid-19 belum berakhir,” pungkasnya. (c/idh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *