Politik

Pemilih Harus Saling Jaga Jarak di TPS

KENDARINEWS.COM — Penyelenggara Pilkada akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di area Tempat Pemungutan Suara (TPS). Potensi kerumunan pemilih harus dicegah agar tidak menciptakan klaster baru. Bawaslu Sultra akan memperketat pengawasan Prokes saat hari pemungutan suara.

KPU Koltim menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 guna mencegah terjadinya klaster baru.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan, untuk mencegah kerumunan, jarak antara peserta pemilih, minimal satu meter saat mengantri menuju bilik pencoblosan. Sedangkan pemilih yang menunggu di luar TPS, diwajibkan tidak membentuk kerumunan. Termasuk, wajib mengenakan masker yang menutupi dagu, dan pelindung wajah.

“Jika ditemukan pemilih yang tidak menerapkan prokes, maka penindakan awal bakal ditegur sampai benar-benar patuh,” kata Hamiruddin Udu kepada Kendari Pos, Jumat (27/11). Ketika tidak memperdulikan teguran lisan, kata dia, pihak kepolisian akan menindak dengan cara membubarkan masa yang berkerumun. Termasuk dua orang yang bercerita dengan jarak yang tidak sesuai anjuran, juga bakal ditertibkan. Hal itu mencegah potensi menyebarnya virus corona.

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu takut atau was-was berkunjung ke TPS 9 Desember 2020 mendatang. Penerapan prokes merupakan misi utama penyelenggara saat pemilihan berlangsung maupun setelahnya. Sebelum bertugas, panwascam bakal menjalani rapid test. Itu untuk memastikan agar mereka tidak terpapar pandemi.

Jelang pemungutan suara, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Tidak mudah terhasut oleh isu atau narasi bersifat provokatif yang dapat memicu perpecahan. Ia juga meminta paslon untuk tidak menghadirkan cara-cara inprosedural dalam bergerak merayu simpati masyarakat.

“Semua elemen baik palson, tim kampanye dan masyarakat diharapkan bersinergi menjaga kedamaian dan ketertiban pilkada. Sehingga pesta demokrasi berjalan dengan tentram dan melahirkan pemimpin ideal yang diharapkan,” tandasnya. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top