Kolaka Utara

Pemda Kolut Bagikan Enam Ribuan Bibit Unggas

KENDARINEWS.COM — Pemda Kolaka Utara (Kolut) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan berinisiatif mendorong kemandirian ketersediaan unggas di wilayah kerjanya mulai tahun ini. Olehnya itu, pada anggaran perubahan mendatang akan disediakan sekitar enam ribuan ternak yang terdiri dari ayam petelur dan itik. Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, menjelaskan, untuk pengadaan itik diperkirakan sejumlah lima ribuan ekor dengan sasaran pusat pengembangan di Desa Latali, Kecamatan Pakue Tengah. Untuk ayam petelur ada 1.500 ekor yang akan didistribusi pada dua wilayah peternakan, Desa Patikala dan Lawaki Jaya di Kecamatan Tolala. ‘

“Konsepnya pengembangan ternak berbasis kemandirian desa,” ujarnya, Kamis (5/11). Pengadaan ini sifatnya langsung dan bakal disuplai ke kelompok peternak di desa untuk dikembangkan. Tidak sekadar membagikan, pihak Disbun Kolut akan menempatkan para pendamping mengawal proses pengembangan peternakan tersebut dengan harapan ada kesuksesan yang bisa dicapai. Total anggaran pengadaan langsung secara keseluruhan disebut mencapai Rp 600 juta.

Di dalamnya telah komplit mulai pakan, kandang dan peralatan kelengkapan lainnya. Masyarakat yang dipercaya mengembangkan unggas tersebut diharapkan bisa serius menjadikan sebagai lapangan pekerjaan untuk mengembangkan perekonomian melalui beternak. Pengadaan unggas itu didasari atas harapan Kolut bisa mandiri dalam pasokan ayam petelur dan itik yang selama ini dominan dipasok dari luar. Jika perlu, menurut Ismail Mustafa, Kolut harus bisa menjadi penyuplai di dalam kabupaten sendiri dan minimal mendistribusi ke luar kabupaten tetangga. “Kami pilih ketiga tempat itu karena dianggap tepat untuk dijadikan pengembangan unggas,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top