HEADLINE NEWS

Pembunuh dan Pemerkosa IRT di Moramo Bisa Divonis Mati

KENDARINEWS.COM — Sidang kasus pembunuhan Ibu Rumah Tangga (IRT) inisial LS (32) yang dilakukan terdakwa Amili (22) di Desa Sanggula Kecamatan Moramo Utara, Konsel terus bergulir. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyebut terdakwa terancam hukuman penjara selama 15 tahun. Bahkan, majelis hakim bisa saja menjatuhkan hukuman mati. Pasalnya terdakwa merupakan pelaku kejahatan dengan kasus yang sama (residivis). 

Kepala seksi (Kasi) Pidana Umum Kejari Konsel, Ramadan, mengatakan mendakwa pelaku dengan dakwaan pasal 338 tentang pembunuhan dan subsider pasal 351 ayat 3 KUHP tentang penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. “Kami tidak bisa keluar dari pasal dakwaanya untuk melakukan penuntutan. Maksimalnya 15 tahun, tapi kalau majelis berpendapat lain (hukuman mati) bisa saja,” kata Ramadan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/3).

Mantan Kasi intel Kejari Konsel ini menambahkan Amili alias Mili warga desa Walelei merupakan mantan nara pidana dengan kasus pembunuhan yang dilakukannya di Muna Barat (Mubar) tahun 2016 silam. Saat melakukan pembunuhan yang kali keduanya di Moramo Utara, ia baru  saja dua bulan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kendari dengan status bebas bersyarat. “Memang terdakwa ini punya rekam jejak kasus yang sama, Ini jelas tidak menguntungkan terdakwa. Belum lagi kalau di fakta persidangan ternyata ada hal-hal lain yang bisa memberatkan, itu juga jadi penilaian,” paparnya.

Saat ini sambungnya, terdakwa masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Andoolo sejak berkas perkaranya dilimpahkan ke Kejaksaan pada 9 februari 2021. Tahapannya telah sampai pada pemeriksaan saksi. “Minggu depan agendanya pemeriksaan terdakwa,” terangya. Dari pengakuan terdakwa, AL tega membunuh IRT inisial LS itu karena tengah terpengaruh minuman alkohol. Pelaku bahkan sempat memperkosa korban. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top