Buton

Pembenahan Jaringan Pipa Air Dianggarkan Rp 16 Miliar

KENDARINEWS.COM — Pada tahun ini, pelayanan air bersih di Buton akan kembali ditingkatkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman sukses melobi Pemerintah Pusat. Dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 16 miliar akan dikucurkan untuk peningkatan jaringan perpipaan. Plt Kadis Perumahan dan Pemukiman Buton, Nurul Kudus Tako, terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat. Dari tahun ke tahun, jatah DAK untuk kawasan pemukiman di Buton terus bertambah. “Tahun 2019 itu hanya Rp 420 juta, tahun 2020 ada Rp 3,8 miliar. Nah 2021 ini ada Rp 16 miliar,” rincinya, Senin (5/4).

Ia mengaku, masih ada 5 kecamatan di Buton yang membutuhkan jaringan pipa distribusi air bersih yang lebih baik. Khususnya yang menuju langsung ke rumah-rumah warga. “Lasalimu, Lasalimu Selatan, Kapontori, Wolowa dan Siontapina,” urainya. Sementara dua kecamatan lainnya, Pasarwajo dan Wabula sudah dikakukan pada tahun 2020 lalu.

“Jadi Insya Allah tahun ini semua tuntas, dan tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh jauh dari sumber air bersih,” tambahnya. Masih kata Nurul Kudus, proyek tersebut akan dikerjakan medio tahun ini. Karena terjadi refocusing anggaran baru-baru ini, sehingga tender pekerjaan juga tertunda dari jadwal biasanya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top