Metro Kendari

Pembayaran Insentif Nakes, BPKAD Sultra Tunggu Surat Pengajuan

KENDARINEWS.COM — Tenaga Kesehatan (Nakes) kini bisa sedikit bernapas lega. Pencairan insentif Nakes tak perlu lagi menunggu waktu berbulan-bulan. Mulai pertengahan tahun 2021, Pemprov Sultra akan membayarkan insentif Nakes tiap bulan. Saat ini, pemerintah tengah memproses pencairan insentif bulan Juli.

dr Hasmudin

Direktur RSUD Bahteramas, dr H Hasmudin mengatakan, untuk pembayaran insentif Nakes di RSUD Bahteramas yang menjadi gawean Pemprov Sultra telah tuntas dibayarkan untuk periode Januari hingga Juni 2021 pada bulan Juli lalu. Sementara untuk periode Juli ini, bakal dibayarkan pada bulan Agustus. Yang mana, pembayarannya sementara dalam proses.

“Untuk bulan Juli kemarin akan dibayarkan Agustus ini. Namun kita masih akan melihat lagi data siapa-siapa Nakes yang bertugas merawat pasien Covid dan siapa yang tidak. Sebab, tiap bulannya data Nakesnya selalu berubah-ubah, ” jelas dr H Hasmudin.

Data Nakes yang bertugas menangani pasien Covid di RS Bahteramas lanjutnya, akan diajukan segera mungkin untuk dilakukan pencairan insentif para Nakes. “Jadi bila datanya sudah ada, kami bakal segera mengusulkan untuk berkas permohonan pencairan di BPKAD, ” ungkapnya.

Ia pun meminta kepada para penerima insentif di RSUD Bahteramas khususnya yang menangani pasien Covid-19 agar tetap menjalankan tugas dengan baik dan tetap bersabar. “Sebab itu yang penting. Kemudian mengenai insentif ini pemerintah daerah telah memberikan apresiasi dalam hal ini gubernur. Dimana gubernur telah menuntaskan pemberian insentif yang sebelumnya tertunda kepada tenaga kesehatan yang melayani pasien-pasien Covid-19. Jadi tak perlu khawatir. Untuk insentif Nakes per Juli bakal tetap cair di bulan ini (Agustus),” ujar di Hasmudin.

Terpisah, Kepala BPKAD Sultra, Basiran mengatakan insentif Nakes untuk Pemprov Sultra telah sepenuhnya dianggarkan dalam APBD 2021 setelah mengalami beberapa kali perubahan. Untuk periode Juli, sesungguhnya di awal Agustus ini sudah dapat dicairkan. Hanya saja, permohonan pencairan dari RSUD Bahteramas belum diajukan.

“Sesuai aturan, pencairan baru bisa dilakukan bila telah ada berkas permohonan pencairan dari RSUD Bahteramas. Saat ini, kami sementara menunggu laporannya. Bila ini sudah dilaporkan, kami bakal segera memproses pencairanya. Jadi, tak akan lewat hingga bulan depan. Kita bakal upayakan tetap menuntaskan pencairan bulan Juli pada Agustus ini. Kami harap permohonan pencairan bisa segera dilaporkan agar semua bisa tuntas sebelum pertengahan Agustus, ” jelasnya.

Untuk percepatan pelayanan, pihaknya telah meminta RSUD Bahteramas segera melaporkan permohonan pencairan. ” Saya sudah sampaikan ke Direktur RSUD Bahteramas pada hari ini (9 Agustus), agar bisa segera menyampaikan itu sebelum tanggal 10 besok (hari ini red). Agar pada tanggal 10 Agustus kita sudah bisa cairkan ke rekening masing-masing Nakes, ” pungkasnya. (b/rah)

Jadwal Pencairan Intensif Nakes
September-Desember 2020 Cair 29 Juli
Januari-Juni 2021 Cair 30 Juli
Juli-Desember Dibayarkan Tiap Bulan
Pencairan Periode Juli Masih Diproses

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top